Serapan Realisasi ADD di Kotamobagu Masih Terbatas, Dinas PMD Optimis Peningkatan di Semester Kedua

KLIK24.NEWS Kotamobagu – Hingga Juli 2024, serapan realisasi Alokasi Dana Desa (ADD) di Kota Kotamobagu masih rendah, dengan rata-rata capaian di bawah 31 persen. Total pagu ADD tahun 2024 sebesar Rp 40.459.644.900 dialokasikan untuk 15 desa, namun realisasi anggaran belum optimal.

BACA JUGA : Srikandi PLN Luncurkan Program Pengembangan Pendidikan Sahabat Anak untuk Peringati Hari Anak Nasional

Kepala Bidang Pemberdayaan, Keuangan, dan Aset Desa Dinas PMD Kotamobagu, Fahrin Ambaru, melaporkan bahwa realisasi ADD per Juni berada antara 20,7 persen hingga 31,6 persen. Meskipun angka ini masih di bawah 50 persen, proses perencanaan dan pelaksanaan program desa dinilai sedang berjalan.

BACA JUGA : Pj. Wali Kota Kotamobagu Tandatangani Perjanjian Hibah Tanah dengan KPU untuk Pembangunan Kantor Baru

“Setiap desa menghadapi dinamika dan tantangan yang berbeda. Kami optimis dengan upaya bersama, realisasi ADD akan meningkat signifikan di semester kedua,” kata Fahrin.

Dinas PMD terus memantau dan mendorong optimalisasi penggunaan ADD, serta melakukan evaluasi dan monitoring secara berkala. Fahrin juga mengajak semua pemangku kepentingan, termasuk media dan masyarakat, untuk mengawal dan mendukung pembangunan desa di Kotamobagu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *