Waspada Cuaca Ekstrem: Imbauan BPBD Kota Kotamobagu untuk Masyarakat

Foto : Hj. Asriyanti, S.T., M.M,

KLIK24.NEWS Kotamobagu – Dalam sepekan terakhir, wilayah Kota Kotamobagu diguyur hujan dengan intensitas cukup tinggi. Menyikapi kondisi cuaca yang tidak menentu ini, Kepala BPBD Kota Kotamobagu, Asrianti, mengimbau masyarakat untuk tetap meningkatkan kewaspadaan guna mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

BACA JUGA : Idul Adha Berbagi, PLN Distribusikan Ribuan Daging Kurban ke Seluruh Indonesia

“Untuk kondisi cuaca hari ini, kami dari BPBD tetap menunggu update prakiraan cuaca dari BMKG Manado. Namun demikian, untuk beberapa titik rawan bencana, BPBD sudah mempersiapkan personil TRC agar selalu stand by jika sewaktu-waktu terjadi bencana,” ujar Asrianti pada Rabu (19/6/2024).

Asrianti juga mengingatkan para orang tua agar selalu mengawasi aktivitas anak-anak, terutama yang bermukim di sekitar bantaran sungai dan perbukitan. Cuaca ekstrem dapat menyebabkan risiko tambahan, seperti banjir dan tanah longsor, yang mengancam keselamatan anak-anak saat bermain di luar rumah.

“Kami juga imbau para orang tua untuk tetap waspada, apalagi yang punya anak kecil dan tinggal dekat sungai atau saluran air untuk tidak mengizinkan anak-anak bermain di area tersebut. Tetap awasi anak-anak disaat hujan,” imbaunya.

BACA JUGA : Pj. Wali Kota Kotamobagu Tinjau Penyembelihan Hewan Qurban di Kelurahan Motoboi Kecil: Teladani Semangat Gotong Royong

BPBD Kota Kotamobagu telah mengambil langkah-langkah proaktif dengan menyiapkan personil TRC yang siap siaga untuk menangani situasi darurat. Warga diharapkan untuk mengikuti informasi cuaca terbaru dari BMKG dan tetap waspada terhadap potensi bencana yang dapat terjadi akibat curah hujan tinggi.

Masyarakat juga diimbau untuk selalu memantau informasi cuaca dan mengikuti arahan dari pihak berwenang. Tindakan pencegahan dini dan kewaspadaan tinggi dapat membantu mengurangi risiko bencana dan melindungi keselamatan semua pihak, terutama anak-anak yang rentan terhadap bahaya cuaca ekstrem.

Dengan kesadaran bersama dan langkah-langkah preventif yang tepat, diharapkan Kota Kotamobagu dapat melalui musim penghujan dengan aman dan meminimalkan dampak buruk dari cuaca ekstrem.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *