Kinerja Gemilang! Nilai IPS Pemkot Kotamobagu 2024 Lampaui Target

KLIK24.NEWS Kotamobagu – Pemerintah Kota Kotamobagu berhasil mencatat prestasi membanggakan dalam penyelenggaraan statistik sektoral. Nilai Indeks Pembangunan Statistik (IPS) Pemkot Kotamobagu tahun 2024 meningkat signifikan, mencapai angka 2,99. Capaian ini berdasarkan hasil Evaluasi Penyelenggaraan Statistik Sektoral (EPSS) yang dilaksanakan oleh Badan Pusat Statistik (BPS), melebihi target awal yang ditetapkan sebesar 1,8.

BACA JUGA : Industri Listrik Lahendong Dorong Pertumbuhan Penerimaan Pajak Agustus 2024

Kepala Dinas Kominfo Kota Kotamobagu, Mohamad Fahri Damopolii, menyampaikan rasa syukurnya atas pencapaian ini. “Alhamdulillah, kami sangat bersyukur karena nilai IPS Kota Kotamobagu tahun ini naik menjadi 2,99, jauh lebih baik dari tahun sebelumnya yang hanya mencapai 1,6. Ini merupakan hasil kerja keras seluruh OPD yang terlibat,” ungkap Fahri saat menghadiri acara Hari Statistik Nasional dan Penganugerahan Hasil EPSS 2024 di Grand Mercure Kemayoran, Jakarta, Kamis (26/9).

Menurut Fahri, proses evaluasi yang dilakukan oleh BPS sangat kompleks dan mendalam. Tim penilai dari BPS menilai berbagai aspek kinerja pemerintah daerah dalam menyelenggarakan statistik sektoral, termasuk peran penting Badan Pengelola Keuangan Daerah (BPKD) dan Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) sebagai produsen data.

“Pada tahun ini, peran Dinas Kominfo

sebagai wali data dan Bappelitbangda sebagai koordinator satu data sangat krusial. Kami berhasil memberikan penjelasan yang memadai serta menyajikan data pendukung yang bisa dipertanggungjawabkan,” tambahnya.

Hasil dari evaluasi ini tidak hanya penting bagi Pemkot Kotamobagu, tetapi juga menjadi salah satu indikator dalam penilaian reformasi birokrasi oleh Kemenpan RB.

BACA JUGA : Meningkatkan Pelayanan Publik: Pj. Wali Kota Kotamobagu Tanda Tangani Kerja Sama Strategis

Acara penganugerahan ini dihadiri oleh Plt Kepala BPS RI Amalia Adininggar Widyasanti, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, serta para pejabat dari berbagai instansi terkait. Pemerintah Kota Kotamobagu terus berkomitmen untuk meningkatkan kualitas penyelenggaraan statistik demi pembangunan yang lebih baik.

Dengan pencapaian ini, Pemkot Kotamobagu semakin optimistis untuk terus memperbaiki kualitas data dan tata kelola pemerintahan yang lebih transparan dan akuntabel. ***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *