Warna  

Penjelasan Nama Hari dalam Islam

KLIK24.NEWS Warna – Penjelasan Nama Hari, Kalender Hijriyah terdiri dari 7 hari. Sebuah hari diawali dengan terbenamnya Matahari, berbeda dengan Kalender Masehi yang mengawali hari pada saat tengah malam.

Hari Ahad adalah hari pertama dalam pekan Islam. Menurut penjelasan Nabi Muhammad SAW, Hari Ahad adalah hari yang baik untuk bertanam dan membuat bangunan karena pada hari Ahad, Allah memulai menciptakan dunia dan membangunnya. Ini adalah hari awal dalam penciptaan, dan oleh karena itu, banyak kegiatan awal atau proyek-proyek baru dimulai pada hari Ahad.

Hari Senin adalah hari kedua dalam pekan Islam. Menurut tradisi Islam, Hari Senin adalah hari yang baik untuk bepergian (musafir) dan berdagang. Hal ini dikaitkan dengan perjalanan Nabi Syith AS dalam urusan perniagaan yang menguntungkan. Oleh karena itu, orang-orang sering memulai perjalanan bisnis mereka pada hari Senin.

BACA JUGA : Utusan Kotamobagu Raih Prestasi Gemilang di Nyong Noni Sulut 2023

Hari Selasa adalah hari ketiga dalam pekan Islam. Namun, dalam tradisi Islam, Hari Selasa dikaitkan dengan beberapa peristiwa penting yang terkait dengan jumlah tiga. Pada hari Selasa, Siti Hawa berhaid (menstruasi), dan juga terjadi peristiwa pembunuhan pertama dalam sejarah manusia, yaitu Qabil membunuh Habil. Oleh karena itu, Hari Selasa sering dianggap sebagai hari berdarah atau hari yang dihindari untuk memulai proyek atau kegiatan baru.

Hari Rabu adalah hari keempat dalam pekan Islam. Dalam tradisi Islam, Hari Rabu adalah hari yang dikaitkan dengan kebinasaan dan hukuman dari Allah SWT. Pada hari Rabu, Allah menenggelamkan Fir’aun bersama dengan kaumnya sebagai hukuman atas kezaliman mereka. Selain itu, pada hari Rabu, Allah juga menimpakan kehancuran atas kaum Samud dan kaum ‘Ad yang tidak taat kepada ajaran Allah.

Hari Kamis adalah hari kelima dalam pekan Islam. Dalam tradisi Islam, Hari Kamis adalah hari yang baik untuk menuntut segala hajat atau kebutuhan, karena dikaitkan dengan peristiwa ketika Nabi Ibrahim AS pergi ke istana raja Mesir dan raja Mesir memenuhi permintaannya serta mengembalikan istrinya, Siti Sarah.

BACA JUGA : Tarif Tenaga Listrik Tetap Stabil untuk 13 Golongan Pelanggan Non-subsidi pada Kuartal IV 2023

Hari Jumat adalah hari keenam dalam pekan Islam. Hari Jumat adalah hari yang dianggap paling mulia dalam Islam. Ini adalah hari untuk shalat Jumat dan berkumpul untuk beribadah bersama. Selain itu, Hari Jumat juga dianggap baik untuk mengadakan perhubungan dan pernikahan.

Hari Sabtu adalah hari terakhir dalam pekan Islam. Dalam tradisi Islam, Hari Sabtu dianggap sebagai hari yang penuh tipu daya. Ini dikaitkan dengan peristiwa tipu daya yang dilakukan oleh orang-orang kafir Quraish terhadap perjanjian Darrun Nadwah pada hari Sabtu.

Penjelasan Nama Hari dalam Islam, Makna dan signifikansi hari-hari dalam Islam memberikan panduan dan pemahaman tentang bagaimana sebaiknya menjalani kehidupan sehari-hari sesuai dengan ajaran agama.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *