TP PKK Boltim Laksanakan Pelatihan Pembuatan Kerajinan Kabela untuk Melestarikan Budaya BMR

KLIK24.NEWS BOLTIM – Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Bolaang Mongondow Timur (BOLTIM) terus berupaya melestarikan budaya lokal melalui kegiatan pelatihan. Kali ini, TP PKK Boltim menggelar Pelatihan Pembuatan Kerajinan Kabela di aula Kantor Bupati Boltim pada Senin (13/11/2023).

Kabela, sebuah wadah berbentuk kotak yang terbuat dari pelepah pohon rumbia, dibungkus dengan kain merah, dan dihiasi dengan manik-manik, memiliki peran tradisional sebagai tempat untuk sirih, pinang, tembakau, dan kapur sirih, menggantikan fungsi dari boyo-boyo.

BACA JUGA : Sukses Meriah! Opening Ceremony FIFA World Cup U-17 di Surabaya Dukung Listrik Tanpa Kedip

Seska Saat, dalam sambutannya kepada peserta pelatihan, menyatakan antusiasmenya terhadap terselenggaranya Pelatihan Pembuatan Kerajinan Kabela. Ia menganggap bahwa pelatihan ini membawa sesuatu yang luar biasa karena berkaitan langsung dengan pelestarian budaya.

“Saya sangat antusias ketika ada pelatihan tentang Kabela. Kalau hanya kerajinan tentang bunga atau kerajinan jahit menjahit, itu sudah hal yang biasa. Tapi bagi saya, kabela ini hal yang luar biasa. Ibu-ibu yang hadir saat ini sangat beruntung karena bisa mengikuti pelatihan kerajinan kabela,” kata Seska.

BACA JUGA : Residivis Kelas Kakap Diringkus! Tim Resmob Polres Kotamobagu Berhasil Mengungkap Kasus Curanmor

Ketua TP PKK Boltim, Berhara, berharap melalui pelatihan kerajinan kabela, anggota PKK dapat berpartisipasi aktif dalam melestarikan budaya Bolaang Mogondow Raya yang sudah hampir punah.

“Saya sangat berharap pelatihan kali ini bisa memberikan kita ilmu yang nantinya berguna untuk melestarikan budaya Bolaang Mogondow Raya,” harap Ketua TP PKK Boltim. Dengan kegiatan ini, TP PKK Boltim tidak hanya mendukung pembinaan kesejahteraan keluarga, tetapi juga turut serta dalam melestarikan kearifan lokal yang bernilai tinggi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *