Desa Paisubebe, Banggai Laut, Merayakan Listrik PLN Setelah 78 Tahun Menanti

Peresmian Lisdes Paisubebe oleh PLN dan Stakeholder

KLIK24.NEWS Banggai Laut – Suasana penuh kebahagiaan dan haru menyelimuti Desa Paisubebe, Kecamatan Bokan Kepulauan, Kabupaten Banggai Laut, setelah menanti selama 78 tahun, akhirnya masyarakat dapat menikmati terang dari layanan listrik PLN. Peristiwa bersejarah ini diresmikan pada Senin (27/11) dengan kehadiran Bupati Kabupaten Banggai Laut, Sofyan Kaepa, SH, dan sejumlah pejabat terkait.

BACA JUGA : DJP Mempermudah Penghitungan PPh Pasal 21 untuk Wajib Pajak Orang Pribadi

Momen penyalaan listrik menjadi langkah bersejarah bagi warga Desa Paisubebe, yang sebelumnya hanya mengandalkan lampu pelita sederhana selama puluhan tahun. Acara peresmian ini dihadiri oleh berbagai pihak, termasuk Kepala Bagian Ekonomi dan Pembangunan (Ekbang) Sumarto M. Lalu, S.Sos, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) Abdiguna Kamindang, serta jajaran PLN, termasuk Manager PLN Unit Layanan Pelanggan (ULP) Banggai, Mundzir Suparta.

Penyerahan Piagam dari Pemkab Banggai Laut ke PLN ULP Banggai

Bupati Kabupaten Banggai Laut, Sofyan Kaepa, menyampaikan apresiasinya kepada PLN atas bantuan yang diberikan kepada masyarakat. “Alhamdulillah hari ini sudah diresmikan, dan atas nama masyarakat, mengucapkan banyak terima kasih kepada pihak PLN telah membantu kami. Ke depan, kami tetap bersinergi,” ungkapnya.

Kaepa juga menyampaikan harapannya terkait progres pengembangan kelistrikan di wilayah Kabupaten Banggai Laut, khususnya untuk kecamatan yang belum mendapatkan listrik. Dia menyatakan komitmen Pemerintah Kabupaten Banggai Laut untuk terus mendukung PLN.

“Apapun yang menjadi tanggung jawab kami sebagai pemerintah kepada PLN, kami siap untuk bekerja sama selama itu kami masih dibutuhkan,” tutup Kaepa. Sebagai penduduk asli Desa Paisubebe, Roy Mamangkey, turut menyampaikan kebahagiaannya. “Ini adalah perjuangan yang luar biasa. Bertahun-tahun masyarakat menunggu lampu ini dalam perjuangan,” ujarnya dengan rasa syukur.

Ari Dartomo, General Manager PLN Unit Induk Distribusi Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, dan Gorontalo (UID Suluttenggo), menekankan bahwa momen peresmian ini adalah bagian dari upaya PLN untuk mendukung Pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat Desa Paisubebe. “Pemerataan ekonomi demi kesejahteraan rakyat menjadi poros utama yang diusung oleh segenap elemen pembangun negeri. PLN berkomitmen untuk membawa pemerataan kelistrikan di Indonesia,” ucap Dartomo.

Manager PLN ULP Banggai, Mundzir Suparta melakukan opening speech pada saat Peresmian Lisdes Paisubebe

Manager PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Luwuk, Ansar, mengapresiasi sinergi semua pihak yang telah bekerja sama untuk mewujudkan penyalaan listrik di enam desa ini. “Kita tidak akan berhasil melaksanakan tugas membangun listrik di pedesaan tanpa sinergi dan kerjasama dengan Pemerintah Daerah dan para tokoh masyarakat,” ungkapnya.

BACA JUGA : Mendorong Transisi Energi Hijau: PLN UP3 Gorontalo Tinjau PLTS Quantum Solar Gorontalo

Pemerataan kelistrikan yang diusung oleh PLN terus menunjukkan peningkatan, dengan total Rasio Desa Berlistrik (RDB) di wilayah kerja PLN UID Suluttenggo meningkat dari 97,47% pada tahun 2022 menjadi 97,71% pada tahun 2023. Cerita heroik PLN dalam melistriki negeri dapat diakses melalui aplikasi PLN Mobile, yang dapat diunduh secara gratis dari Play Store dan App Store.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *