PLN Inovatif, Tiang Listrik Jadi Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU)

Penggunaan SPKLU PLN EYE tipe pole mounted charging, di kantor PLN di jalan KS Tubun, Jakarta Barat yang sudah beroperasi dan siap melayani pengguna electric vehicle.

KLIK24.NEWS Jakarta – PT PLN (Persero) terus membuktikan komitmennya dalam mendukung akselerasi ekosistem kendaraan listrik (Electric Vehicle/EV) di Indonesia. Melalui inovasi terbaru, PLN mengubah tiang listrik menjadi Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU), memberikan kemudahan bagi pengguna mobil listrik untuk mengisi daya.

Dalam keterangan resmi, Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo menyatakan bahwa langkah ini merupakan wujud serius PLN dalam mendukung infrastruktur ekosistem EV. Kendaraan listrik, yang semakin populer di kalangan masyarakat karena efisiensi biaya perawatan dan pengisian daya, diharapkan dapat membantu mencapai target Net Zero Emissions (NZE) pada tahun 2060 atau bahkan lebih cepat.

BACA JUGA : Jelajahi Keindahan Tersembunyi Pulau Marore: Permata Eksotis di Kepulauan Talaud

PLN EYE, atau SPKLU bertipe pole mounted charger, merupakan inovasi yang memanfaatkan tiang listrik PLN sebagai tempat pengecasan kendaraan listrik. Langkah ini diharapkan dapat mencakup semua pengguna mobil listrik yang ingin mengisi ulang daya baterai kendaraannya.

“Dengan beragam inovasi yang terus berkembang, kami berkomitmen mendukung kokohnya ekosistem EV di Indonesia. Kami ingin memastikan masyarakat semakin yakin untuk beralih ke kendaraan listrik karena stasiun pengisiannya semakin mudah dijumpai,” ujar Darmawan.

Salah satu mobil listrik saat melakukan pengisian daya pada SPKLU PLN EYE yang berlokasi di Sekolah Dasar Yasporbi Bidakara, Jakarta Selatan.

Direktur Utama PLN Enjiniring, Chairani Rachmatullah, menyebutkan bahwa saat ini sudah ada tiga prototipe SPKLU PLN EYE yang terpasang dan beroperasi. Dua di antaranya terdapat di Kantor PLN KS Tubun Jakarta Barat, dan satu di Sekolah Dasar Yasporbi Bidakara, Jakarta Selatan.

Ada dua tipe kapasitas SPKLU PLN EYE, yaitu 7 kilo Watt (kW) dan 22 kW, yang didesain untuk Pole Mounted Charger baik yang model menempel di luar (tiang listrik beton) maupun masuk dalam tiang (tiang besi). PLN akan melakukan asessment dan perbaikan untuk menjadikannya terstandardisasi untuk seluruh SPKLU Pole Mounted Charging di masa depan.

BACA JUGA : Prestasi Kilau PLN: 779 Penghargaan Internasional dan Nasional Menandai Era Transformasi Digital

Chairani juga menyoroti transformasi digital yang mempermudah akses informasi mengenai SPKLU PLN. Melalui SuperApp PLN Mobile, pengguna kendaraan listrik dapat dengan mudah menemukan SPKLU PLN terdekat hanya dengan membuka aplikasi dan mengakses menu electric vehicle.

Inovasi ini diharapkan dapat menjadi langkah positif dalam memperkuat infrastruktur pengisian daya kendaraan listrik dan mendorong lebih banyak orang untuk beralih ke mobilitas ramah lingkungan.***

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *