Prestasi Kilau PLN: 779 Penghargaan Internasional dan Nasional Menandai Era Transformasi Digital

Penghargaan Indonesia User Experience of the Year dan Indonesia Digital Experience of the Year kategori Energi diserahkan langsung oleh Contributing Editor Asian Business Review, Simon Hyett (kanan) kepada Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo (kiri) pada Asian Experience Awards 2023 di Singapura, Kamis (5/10).

KLIK24.NEWS  Jakarta – Prestasi Kilau PT PLN (Persero) berhasil meraih 779 penghargaan dalam berbagai kategori, baik di tingkat nasional maupun internasional selama tiga tahun terakhir. Transformasi dan inovasi berbasis digitalisasi yang konsisten dilakukan di bawah kepemimpinan Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo telah membawa perusahaan ini meraih prestasi gemilang.

Darmawan Prasodjo, Direktur Utama PLN, dinobatkan sebagai penerima penghargaan tertinggi Green Leadership Utama dalam Anugerah Lingkungan PROPER dan Kinerja Pengelolaan Lingkungan Hidup Daerah 2023. Wakil Presiden Ma’ruf Amin secara langsung memberikan penghargaan ini sebagai apresiasi atas kepemimpinan kuat Darmawan dalam pengelolaan lingkungan hidup di PLN.

Prestasi Darmawan tidak berhenti di situ. Ia juga meraih predikat “Male Executive of the Year” pada Power Energy Awards 2023, sebuah penghargaan bergengsi dari Enlit Asia. PLN berhasil mengungguli perusahaan kelistrikan dan energi se-Asia dengan meraih 5 penghargaan dari 12 kategori yang ada dalam ajang tersebut.

BACA JUGA : Tim Resmob Polres Kotamobagu Berhasil Menangkap Residivis Curanmor di Kelurahan Mogolaing

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo menyatakan bahwa transformasi PLN melalui digitalisasi dan inovasi berdampak positif bagi pertumbuhan bisnis dan kepuasan pelanggan. Proses bisnis yang semula statis dan backward looking berhasil diubah menjadi dinamis dan forward looking melalui digitalisasi pembangkit, transmisi, distribusi, pelayanan pelanggan, perencanaan, hingga pengelolaan keuangan.

Sebagai perusahaan induk, PLN total meraih 318 penghargaan di berbagai bidang, mencakup nasional hingga internasional. Prestasi internasional PLN termasuk dua penghargaan pada Asian Experience Awards 2023 dari The Asian Business Review dan 8 penghargaan untuk Contact Center PLN 123 pada Global Contact Center World Awards (GCCWA) 2023.

Penghargaan dari pemerintah pun mengalir, dengan 20 PROPER Emas Tahun 2023 dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) serta delapan penghargaan dari Subroto Award 2023 oleh Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM). PLN juga meraih Indonesia’s SDGs Action Awards dari Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) pada kategori Pelaku Usaha Besar.

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo (kanan) menerima penghargaan “Male Executive of the Year” dari CEO of Clarion Events Asia Richard Ireland (kiri) dalam ajang Power & Energy Awards 2023 yang digelar Enlit Asia pada Selasa (14/11) di Tangerang, Banten. Dalam kategori ini, Darmawan melampaui nominasi eksekutif dari perusahaan lainnya, yaitu Korea Southern Power (KOSPO) asal Korea Selatan dan HDF Energy asal Prancis.

PLN bukan hanya berhasil meningkatkan pendapatan perusahaan, tetapi juga mengelola utang perusahaan dengan sangat baik. Kementerian Keuangan RI memberikan penghargaan debitur terbaik kepada PLN sebanyak 4 kali secara berturut-turut sejak 2020 hingga 2023.

Pada BUMN Corporate Communications and Sustainability Summit (BCOMSS) 2023, PLN memborong lima penghargaan, termasuk penghargaan Badan Publik dengan kualifikasi ‘Informatif’ dari Komisi Informasi Pusat dalam Anugerah Keterbukaan Informasi Publik (KIP) 2023.

Penghargaan juga datang dari berbagai stakeholder, termasuk Public Relations Indonesia Awards 2023 dan Indonesia Goverment Public Relation Awards (IGA) 2023. PLN juga memborong 28 penghargaan pada Indonesian CSR Awards (ICA) 2023 dan Indonesian SDGs Awards (ISDA) pada bulan Desember.

BACA JUGA : Meringankan Beban Kemiskinan Melalui Program Sosial di Tiga Kabupaten, PLN Peduli Sulawesi

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo menegaskan bahwa prestasi ini merupakan hasil kerja keras seluruh Insan PLN dan dukungan pemerintah. Meski meraih sejumlah penghargaan, PLN tetap berkomitmen untuk terus bertransformasi guna meningkatkan kinerja dan layanan demi mendorong pertumbuhan ekonomi nasional.

“Berbagai capaian ini akan menjadi pemecut semangat kami untuk terus bertransformasi dalam proses bisnis maupun memberikan pelayanan kepada seluruh masyarakat guna mendorong pertumbuhan ekonomi nasional,” pungkas Darmawan.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *