PLN Menjamin Pasokan Listrik Andal untuk Peringatan HUT RI ke-78

Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo saat menjadi Pembina Upacara memperingati HUT ke-78 RI di Kantor Pusat PLN, Kamis, (17/8).

KLIK24.NEWS Jakarta – PLN Menjamin Pasokan Listrik Andal, PT PLN (Persero) telah memastikan kelancaran pasokan listrik yang andal di 1.305 lokasi peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) di seluruh penjuru tanah air. Dalam upaya untuk menyukseskan perayaan ini, PLN telah memastikan kesiapan seluruh sistem kelistrikan, mulai dari pembangkitan, transmisi, hingga distribusi.

BACA JUGA : Karnaval Merah Putih Meriahkan Peringatan HUT RI ke-78 di Kota Kotamobagu

Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo, setelah memantau langsung kesiapan listrik menjelaskan bahwa selama masa siaga HUT ke-78 RI yang berlangsung mulai 16 hingga 18 Agustus 2023, PLN telah berjaga-jaga untuk acara-acara penting seperti pidato kenegaraan presiden, malam tasyakuran, upacara pengibaran bendera, upacara penurunan bendera, dan acara pendukung lainnya.

Petugas PLN melakukan pengamanan kelistrikan di Power House saat pelaksanaan upacara HUT ke-78 RI di Istana Kepresidenan, Kamis, (17/8).

“Dalam rangka perayaan HUT ke-78 RI, kami memastikan pasokan listrik yang andal. Baru-baru ini kami telah melakukan pemantauan dan penilaian langsung ke semua unit dan sub holding. Semua unit telah menjalankan pemeliharaan preventif mulai dari pembangkit, transmisi, hingga jaringan distribusi, dan semuanya dalam kondisi normal dengan daya cadangan yang lebih besar dari kapasitas pembangkit terbesar yang beroperasi,” ujar Darmawan.

Darmawan juga menjelaskan bahwa PLN telah mengambil langkah-langkah pengamanan berlapis untuk mendukung kesiapan ini. Mereka telah menyiapkan 971 unit genset, 373 unit Uninterruptible Power Supply (UPS), 1.070 unit Unit Gardu Bergerak (UGB), dan 150 unit crane.  Selain itu, PLN juga telah menyiapkan 2.020 posko siaga dengan melibatkan 43.689 personel pelayanan teknik serta 184 regu Pekerjaan Dalam Keadaan Bertegangan (PDKB) Tegangan Tinggi (TT) dan Tegangan Menengah (TM).

Petugas PLN menyiagakan pasokan listrik berlapis di tempat pelaksanaan upacara, Stadion Mandala, Jayapura.

Darmawan menekankan bahwa sistem kelistrikan PLN dalam kondisi yang terjaga dan aman, memastikan bahwa masyarakat dapat mengikuti segala acara kenegaraan dengan khidmat selama peringatan HUT RI. Ia juga menjelaskan bahwa dalam tiga tahun terakhir, PLN telah melakukan transformasi bisnis operasional berbasis digitalisasi, memperkecil kemungkinan gangguan dengan mengotomatisasi pemantauan operasional kelistrikan secara real time.

BACA JUGA : Wujudkan Generasi Muda Sadar Pajak, Pajak Amurang Adakan Tax Goes To School

Darmawan mengakhiri dengan meyakinkan masyarakat bahwa tidak perlu khawatir tentang layanan kelistrikan atau gangguan selama perayaan HUT RI ke-78 dan di masa mendatang. PLN berkomitmen untuk menjaga kelancaran pasokan listrik dan menyediakan layanan yang andal dalam mendukung rangkaian acara peringatan ini.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *