PLN Suluttenggo Tetapkan Status Siaga, Siapkan 50 Posko dan 2.192 Personel Jaga Keandalan Listrik Jelang Pemilu

KLIK24.NEWS Manado – PLN Unit Induk Distribusi Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, dan Gorontalo (UID Suluttenggo) telah menetapkan status siaga dalam rangka mendukung kesiapan dan keamanan sistem kelistrikan menjelang pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) pada Rabu (14/02). Langkah ini diinstruksikan langsung oleh Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo, kepada semua unit PLN di seluruh Indonesia.

PLN UID Suluttenggo bertekad untuk memastikan keandalan pasokan listrik demi suksesnya pesta demokrasi lima tahunan ini. Dengan menetapkan status siaga, PLN telah memastikan bahwa pasokan listrik akan tetap stabil di seluruh sistem kelistrikan selama masa siaga pemilu. Ini sangat penting mengingat peran listrik sebagai sarana utama yang mendukung kelancaran proses pemilihan umum.

BACA JUGA : PLN ULP Moutong Salurkan 50 Paket Sembako Kepada Mustahik

Ari Dartomo, General Manager PLN UID Suluttenggo, mengungkapkan bahwa telah dibentuk 50 Posko Siaga Pemilu yang tersebar di seluruh lokasi pelayanan PLN UID Suluttenggo. “Kami telah menyiapkan total 2.192 personel, termasuk 38 personel yang memiliki keahlian khusus dalam Pekerjaan Dalam Keadaan Bertegangan (PDKB),” ungkap Dartomo. Selain itu, berbagai peralatan pendukung seperti mobil dan motor dinas, crane, gardu bergerak, UPS, genset, dan peralatan lainnya telah disiapkan untuk menjamin keamanan pasokan listrik menjelang pemilu.Prosedur siaga pemilu tahun 2024 ini juga mencakup pemetaan teknis pasokan listrik di sejumlah objek penting di wilayah kerja Suluttenggo. Objek-objek ini termasuk dalam lokasi-lokasi strategis yang mendukung jalannya proses pemilu.

Dartomo juga menyampaikan kondisi kelistrikan PLN UID Suluttenggo, dengan total daya mampu mencapai 756,85 MW dan beban puncak sebesar 627,91 MW. Untuk sistem kelistrikan Sulawesi Utara dan Gorontalo, daya mampu pasok mencapai 563,81 MW dengan cadangan daya sebesar 121,99 MW. Sedangkan untuk sistem kelistrikan di Palu dan sekitarnya, termasuk dalam sistem kelistrikan Sulserabar, memiliki daya mampu sebesar 167,04 MW dan beban puncak sebesar 167,04 MW.

BACA JUGA : PLN Siagakan Petugas, Begini Strategi PLN Suluttenggo untuk Memastikan Keandalan Listrik Saat Pemilu

PLN berkomitmen untuk menjaga keandalan kelistrikan demi kelancaran Pemilu 2024, memastikan masyarakat dapat melakukan pemilihan dengan tenang di Tempat Pemungutan Suara (TPS), dan memastikan petugas pemungutan suara (PPS) dapat bekerja secara optimal di wilayah masing-masing dengan layanan listrik yang handal dari PLN.

“Kami berkomitmen penuh dalam menyediakan pelayanan listrik yang dapat diandalkan sehingga situasi kondusif dapat tercipta saat pemilu berlangsung,” tegas Dartomo. Dengan upaya maksimal yang dilakukan oleh PLN Suluttenggo, diharapkan pelaksanaan Pemilu 2024 dapat berjalan lancar dan aman tanpa adanya kendala pasokan listrik yang signifikan. Hal ini menjadi bagian dari kontribusi PLN dalam mendukung demokrasi dan stabilitas negara melalui penyediaan layanan listrik yang andal dan aman.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *