PLN Siagakan Petugas, Begini Strategi PLN Suluttenggo untuk Memastikan Keandalan Listrik Saat Pemilu

KLIK24.NEWS Manado – PLN Siagakan Petugas, PLN Unit Induk Distribusi Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, dan Gorontalo (UID Suluttenggo) telah menetapkan komitmen yang kuat untuk menjaga sistem kelistrikan menjelang Pemilihan Umum atau Pemilu 2024.

BACA JUGA : Pemerintah Sederhanakan Pembuatan dan Pelaporan Bukti Potong PPH

Dalam rangka persiapan masa siaga Pemilu yang berlangsung dari tanggal 11 hingga 17 Februari 2024, PLN UID Suluttenggo telah membentuk 50 posko siaga Pemilu dan menempatkan 2.192 personil, termasuk 38 personil yang memiliki keahlian khusus dalam Pekerjaan Dalam Keadaan Bertegangan (PDKB).

General Manager PLN UID Suluttenggo, Ari Dartomo, menyatakan bahwa pihaknya telah melakukan proyeksi terhadap sistem kelistrikan untuk memastikan ketersediaan listrik yang andal pada hari pemungutan suara tanggal 14 Februari 2024. Proyeksi ini meliputi evaluasi aset distribusi, kesiapan material distribusi utama, material cadangan, dan persiapan peralatan penanggulangan gangguan.

Selain itu, beberapa strategi penting telah dirumuskan untuk mendukung kelancaran pelaksanaan Pemilu, antara lain:

  1. Memperkuat Defence Scheme sistem Isolated (Anti Blackout) pada pembangkit untuk memastikan keandalan frekuensi sistem.
  2. Prioritas penyulang yang menyuplai lokasi-lokasi strategis pelaksanaan Pemilu.
  3. Siaga penuh petugas di berbagai posko, mulai dari tingkat UID Suluttenggo hingga tingkat ULP, dengan dukungan dari petugas Dispatcher Operasi Distribusi, Petugas PDKB, dan Petugas Pelayanan Teknik.
  4. Koordinasi cepat dengan pihak terkait seperti KPU, Bawaslu, dan PPK di setiap Kabupaten/Kota untuk langkah preventif dan identifikasi cepat terhadap berbagai potensi gangguan.
  5. Sinergi dengan KPU dalam menanggapi kondisi darurat akibat potensi cuaca buruk, banjir, kebakaran, atau ancaman lain terhadap keselamatan ketenagalistrikan.
  6. Menjaga ketahanan stok BBM pembangkit Isolated, termasuk di daerah kepulauan, serta mempercepat perbaikan gangguan mesin pembangkit.
  7. Melakukan opname konsisten terhadap kesiapan instalasi, backup genset, dan kondisi penyulang kelistrikan, serta memantau prakiraan cuaca dan kondisi eksisting di lokasi-lokasi KPUD Kota/Kabupaten dan Provinsi selama masa siaga pemilu.

BACA JUGA : Dirut PLN Pimpin Langsung Pengamanan Pasokan Listrik dari Posko Nasional Siaga Pemilu PLN

Ari Dartomo menegaskan bahwa strategi-strategi ini telah disusun dengan matang guna meminimalkan potensi risiko gangguan saat pelaksanaan Pemilu. Dengan demikian, PLN UID Suluttenggo berkomitmen untuk memberikan dukungan penuh dalam menjaga keandalan listrik selama perhelatan demokrasi ini berlangsung.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *