PLN Unit Induk Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, dan Gorontalo (UID Suluttenggo) Luncurkan Program ‘Desa Berdaya PLN’ di Desa Budo, Likupang

Peresmian Rumah UMK oleh General Manager PLN UID Suluttenggo

KLIK24.NEWS Sulut – PLN Unit Induk Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, dan Gorontalo (UID Suluttenggo) terus melanjutkan langkah-langkah dalam menjalankan program tanggung jawab sosial dan lingkungan (TJSL) yang sejalan dengan tujuan pembangunan berkelanjutan atau SDG’s (Sustainable Development Goals). Kali ini, mereka menghadirkan program “Desa Berdaya PLN” untuk mendukung Desa Budo, yang merupakan Desa Wisata Penyangga Destinasi Super Prioritas (DSP) Likupang, yang terletak di Kecamatan Wori, Kabupaten Minahasa Utara, Sulawesi Utara.

BACA JUGA : Ketua BKMT Boltim Lantik Pengurus Kecamatan Motongkad dan Peringati Maulid Nabi Muhammad

General Manager PLN Suluttenggo, J.A Ari Dartomo, menyampaikan bahwa salah satu tujuan TJSL PLN adalah mempromosikan pekerjaan yang layak dan pertumbuhan ekonomi, yang sejalan dengan SDG’s. Melalui program “Desa Berdaya PLN,” PLN berusaha mendukung pertumbuhan ekonomi masyarakat Desa Budo dan tujuan kesejahteraan bersama.

Peninjauan Home Stay Desa Budo

Dalam rangka ini, PLN memberikan bantuan berupa berbagai fasilitas, termasuk rumah usaha mikro kecil (UMK), Rumah Diving Centre, kios-kios kuliner UMK, perahu listrik beserta sistem penerangan listrik tenaga surya (SPLU), peralatan masak listrik, homestay, dan fasilitas pendukung lainnya.

Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara, melalui Asisten Bidang Perekonomian, Allan Mingkid, memberikan apresiasi kepada PLN karena konsistensinya dalam program TJSL yang memberikan manfaat nyata bagi masyarakat pedesaan. Ia berharap bantuan ini akan mengembangkan potensi ekonomi masyarakat Desa Budo dengan lebih pesat.

Simbolis penyerahan bantuan yang diberikan oleh General Manager PLN UID Suluttenggo, J.A Ari Dartomo (keenam dari kiri) kepada Hukum Tua Desa Budo, Lisbeth Lintongareng (kelima dari kiri).

Lisbet Lintogareng, Hukum Tua Desa Budo, juga mengucapkan terima kasih kepada PLN atas bantuan yang membantu warga untuk meningkatkan perekonomian mereka. Ia mengungkapkan bahwa sebelumnya, banyak ibu rumah tangga di desa hanya berdiam di rumah, tetapi sekarang mereka dapat memanfaatkan kios-kios UMK untuk berjualan, yang tentu membantu perekonomian keluarga.

Aksi nyata PLN dalam mendukung ekonomi melalui program “Desa Berdaya” ini diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan dengan mengurangi angka kemiskinan sebesar 15%, meningkatkan pendapatan UMKM sebesar 25%, dan mengurangi tingkat pengangguran sebesar 10%.

BACA JUGA : Buka Ujian Negara Amatir Radio dan Terima Izin Radio Amatir

Dukungan dari berbagai pihak, termasuk pemerintah, Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) VIII Manado, PT Permodalan Nasional Madani (PNM) Cabang Manado, serta masyarakat lokal sangat penting dalam mewujudkan program ini. PLN juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat dalam upaya ini.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *