PLN Sukses Menyediakan Listrik Andal pada MotoGP Mandalika 2023

Direktur Distribusi PLN Adi Priyanto (kiri) dan Senior Manager Transmisi dan Distribusi PLN Unit Induk Wilayah NTB, Moh Eryan Saputra saat memonitor kondisi kelistrikan gelaran MotoGP di Sirkuit Mandalika, Lombok Tengah, NTB pada Minggu (15/10).

KLIK24.NEWS Lombok Tengah – PLN Sukses Menyediakan Listrik Andal berhasil memastikan pasokan listrik yang andal dan tanpa kendala (zero down time) pada gelaran MotoGP di Sirkuit Mandalika, Lombok Tengah, NTB pada 13-15 Oktober 2023. Dalam event ini, beban puncak sistem kelistrikan Lombok mencapai 309 Megawatt (MW).

BACA JUGA : Malam Penuh Kebahagiaan dalam Peringatan Maulid Akbar di Kota Kotamobagu

Direktur Utama Mandalika Grand Prix Association (MGPA), Priandi Satria, menyatakan peran yang sangat penting dalam kesuksesan acara internasional ini. Telah terbukti sebagai mitra yang handal dan menjadi catatan penting bagi Dorna Sports S.L, pemegang hak komersial MotoGP, untuk selalu melibatkan dalam perhelatan di Indonesia.

Petugas PLN melakukan pemeriksaan panel yang memasok listrik ke Sirkuit Mandalika, Lombok Tengah, NTB selama gelaran MotoGP pada Minggu (15/10).

“Dorna Sports meminta listrik dari PLN, karena pengalaman positif sebelumnya pada tahun 2022 dan 2021 (World Superbike Mandalika). Kami sangat puas dengan keberadaan PLN sebagai mitra kerja sama kami,” ucap Priandi.

Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo, menyatakan keberhasilan ini merupakan wujud komitmen dalam mendukung event internasional di Indonesia. Memastikan keandalan pasokan listrik dari pembangkit, transmisi, distribusi, hingga Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU), serta kesiapan personel.

Sirkuit Mandalika di Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat yang menjadi lokasi penyelenggaraan MotoGP. PLN sukses memasok listrik yang andal dan tanpa kedip (zero down time) pada perhelatan MotoGP yang berlangsung di Sirkuit Mandalika pada 13-15 Oktober 2023.

“Kami bangga berpartisipasi menyukseskan gelaran MotoGP untuk kedua kalinya di Indonesia dengan listrik yang andal dan tanpa kendala,” kata Darmawan.

Direktur Distribusi PLN, Adi Priyanto, menambahkan bahwa sistem kelistrikan Lombok mampu menopang beban puncak sebesar 309 MW dengan cadangan daya 25 MW, menjaga keandalan pasokan listrik selama gelaran MotoGP. Petugas melakukan patroli untuk memastikan sistem transmisi aman dan tidak mengalami gangguan.

Sinergi petugas PLN dan pihak Dorna Sports selaku penyelenggara dalam memastikan pasokan listrik ke sejumlah venue di Sirkuit Mandalika andal.

Dalam hal distribusi, petugas PLN siaga 24 jam untuk menjaga 13 venue di dalam area Sirkuit Mandalika dengan sistem backup empat lapis. Adi juga menyebut bahwa 5 SPKLU di sekitar sirkuit mampu memenuhi kebutuhan pengisian daya kendaraan listrik, terutama oleh official dan kru tim MotoGP.

BACA JUGA : Peringatan Hari Kopi Sedunia, Wali Kota Kotamobagu Apresiasi Ketege Coffee Week 

Adi menekankan bahwa suksesnya MotoGP Mandalika 2023 berkat kolaborasi yang erat antara PLN, penyelenggara, Pemerintah Provinsi NTB, TNI-Polri, dan seluruh stakeholders. “Ini adalah capaian bersama dalam mengharumkan nama bangsa,” tutup Adi. ***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *