ASN Bolmong Terima Edukasi Pemadanan NIK-NPWP

KLIK24.NEWS Bolmong – ASN Bolmong Terima Edukasi, Bertempat di ruang rapat Sekretariat Daerah Kabupaten Bolaang Mongondow, timpenyuluh KPP Pratama Kotamobagu memenuhi undangan dari Badan Keuangan DaerahPemkab Bolaang Mongondow untuk memberikan sosialisasi kepada para Aparatur SipilNegara (ASN) bendahara Satuan Kerja Pemerintah Daerah di wilayah Kab. BolaangMongondow (Kamis-Jumat, 12-13/1).

BACA JUGA : Pajak Kotamobagu Gandeng Kepala Daerah Gencarkan Pemberlakuan NIK sebagai NPWP

Adapun materi sosialisasi dalam kesempatan tersebut terkait dengan kegiatanpemutakhiran data mandiri berupa pemadanan NIK dengan NPWP Orang Pribadisebagaimana diatur dalam Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 112/PMK.03/2022.

Berdasarkan peraturan tersebut, terhitung sejak tanggal 1 Januari 2024 NIK digunakansebagai NPWP oleh Wajib Pajak Orang Pribadi dalam layanan administrasi yangdiselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Pajak dan pihak lain. Sementara itu, bagi WajibPajak badan dan Wajib Pajak instansi pemerintah akan menggunakan NPWP dengan format16 digit.

“Kami mengucapkan terima kasih atas kerjasama yang terjalin antara Kantor Pajakdengan Pemda Bolmong. Kami sangat mengapresiasi atas respon Bapak Kepala BKD karenatelah memberikan kami fasilitas untuk melaksanakan tugas koordinasi perpajakan ini,” paparKepala KPP Pratama Kotamobagu Syamsuria dalam sambutannya.

Risky Dwi Aryanto selaku penyuluh KPP Pratama Kotamobagu memberikan edukasidan asistensi perpajakan mengenai tata cara penyampaian SPT Tahunan PPh sertamengimbau para peserta untuk melakukan pemadanan data kependudukan dengan NPWPmasing-masing.

Lebih lanjut Risky menjelaskan mengenai alur pemutakhiran data melaluilaman pajak.go.id.“Tanda bahwa NPWP Bapak/Ibu sudah valid adalah terdapat tulisan NIK pada bagianNPWP elektronik serta Bapak/Ibu bisa login djponline menggunakan NIK.” jelas Risky.

BACA JUGA : Malam Terkutuk di Rumah Sunyi

“Validasi NIK dilakukan pada bagian data utama, dan selanjutnya pada bagian datalainnya, data KLU dan data keluarga, silakan untuk diperbarui sesuai data terkini.” tambahnya.Kegiatan tersebut berjalan dengan lancar dan antusias, terlihat dengan banyaknyapertanyaan dari peserta. Acara berlangsung selama lebih kurang tiga jam dan ditutup dengankegiatan foto bersama.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *