Maraknya Penipuan Mengatasnamakan PLN, PLN Unit Ampana Sosialisasikan Penggunaan PLN Mobile sebagai Solusi Aman

KLIK24.NEWS Ampana – Maraknya penipuan yang mengatasnamakan PLN belakangan ini menjadi perhatian serius bagi PT PLN (Persero). Untuk mencegah hal tersebut, PLN Unit Layanan Pelanggan Ampana giat melakukan sosialisasi kepada masyarakat dengan memberikan edukasi kelistrikan yang lebih baik dan mengenalkan penggunaan aplikasi PLN Mobile sebagai solusi layanan kelistrikan yang aman dan terpercaya.

BACA JUGA : Ditemukan Planet Baru yang Berpotensi Menjadi Hunian Manusia di Galaksi Terdekat

Dalam kesempatan sosialisasi ini, Manager PLN Unit Layanan Pelanggan Ampana, Erdhi Dwi Cahyo, bersama dengan pihak Pemerintah setempat, khususnya Kepala Bidang Perumahan Kabupaten Tojo Una-una, menyambangi masyarakat di Desa Tampabatu dan Dusun Tampabatu.

Erdhi menyampaikan bahwa penipuan yang mengatasnamakan PLN seringkali ditujukan kepada warga masyarakat yang memiliki akses informasi yang rendah, sehingga menjadi sasaran yang rawan. Untuk itu, PLN mengimbau agar segala transaksi, seperti pasang baru, tambah daya, dan layanan lainnya, dapat dilakukan secara online melalui aplikasi PLN Mobile yang bisa diunduh pada perangkat smartphone atau melalui call center 123.

“Masyarakat juga dihimbau untuk tidak mudah percaya kepada orang yang mengaku sebagai petugas PLN. Harap berhati-hati terhadap pihak yang mengaku sebagai petugas PLN dan meminta pembayaran langsung atau data diri dari pelanggan. Petugas PLN selalu dilengkapi identitas yang jelas, tanda pengenal, dan seragam lengkap,” lanjut Erdhi.

Manager PLN UP3 Luwuk, Ansar, menambahkan bahwa PLN tidak pernah menawarkan jasa layanan “door to door” ke pelanggan seperti penjualan box kWh meter atau pemasangan baru dengan pembayaran langsung di rumah pelanggan.

“Dalam pembayaran transaksi layanan PLN, selalu menggunakan nomor register atau kode bayar yang hanya bisa dibayarkan melalui payment point online bank (PPOB) atau marketplace,” terang Ansar.

“Petugas PLN tidak pernah meminta biaya atas layanan yang diberikan secara langsung, semua transaksi pembayaran melalui sistem Payment Point Online Bank (PPOB), tidak ada pembayaran di tempat,” tambahnya.

BACA JUGA : PLN dan PT. IMIP Kolaborasi Tingkatkan Pelayanan Listrik di Morowali, Sulawesi Tengah

Dengan adanya kegiatan sosialisasi ini, diharapkan pemerintah setempat dapat menyampaikan informasi kepada warga masyarakat untuk terus berhati-hati dan waspada terhadap upaya penipuan yang dilakukan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. Penggunaan aplikasi PLN Mobile dan mengutamakan transaksi melalui mekanisme resmi akan membantu masyarakat dalam menghindari potensi tindakan penipuan yang merugikan.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *