PLN dan TANESCO Sepakati Kerja Sama Transformasi Bisnis di Sektor Kelistrikan Afrika

Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (belakang-kiri) dan Presiden Tanzania, Samia Suluhu Hassan (belakang-kanan) menyaksikan penandatanganan Memorandum of Understanding antara Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo (depan-kiri) dan Managing Director TANESCO, Maharage A Chande (depan-kanan) tentang kerja sama dan pendampingan di sub-sektor ketenagalistrikan di Dar Es Salaam, Tanzania pada Selasa (22/8).

KLIK24. NEWS Tanzania – Perusahaan milik negara (BUMN) di sektor kelistrikan Tanzania, Tanzania Electric Supply Co Ltd (TANESCO), telah mengambil langkah untuk mengadopsi transformasi bisnis yang telah dilakukan oleh PT PLN (Persero) di Indonesia. Dalam upaya untuk mengembangkan transformasi serupa di Afrika Timur, TANESCO telah sepakat untuk menjalin kerja sama bisnis dengan PLN.

Kerja sama ini ditandai dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo, dan Managing Director TANESCO, Maharage Chande, yang berlangsung di Dar Es Salaam, Tanzania, pada Selasa, 22 Agustus 2023. Penandatanganan MoU ini disaksikan langsung oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, dan juga merupakan bagian dari ekspansi bisnis PLN di kancah global.

BACA JUGA : Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan (DJPK) 113 Pemda Tanda Tangani Kerja Sama Pajak Pusat – Daerah Tahap V

Darmawan Prasodjo, Direktur Utama PLN, menjelaskan bahwa MoU antara PLN dan TANESCO merupakan kelanjutan dari pertemuan sebelumnya dengan Menteri Energi Tanzania, January Makamba, dan manajemen TANESCO untuk membahas kerja sama dalam pengembangan ekosistem sektor ketenagalistrikan Tanzania. Pertemuan tersebut telah berlangsung di Jakarta pada 10 Februari 2023.

Dalam MoU ini, terdapat empat poin kerja sama yang dijelaskan. Pertama, PLN akan mendukung transformasi digital sesuai dengan kebutuhan TANESCO, termasuk implementasi Digital Power Plant, Digitally Enabled Distribution Excellence, dan Utility Super Apps (dalam pengembangan Costumer Service Excellence TANESCO). Kedua, pengembangan inti bisnis utilitas di TANESCO, termasuk Maintenance, Repair, and Operation (MRO), dan Kolaborasi Co-investment.

pimpinan perusahaan BUMN dan swasta asal Indonesia di sela kunjungan Pemerintah Republik Indonesia ke Tanzania. Bawah kiri ke kanan: Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo dan Presiden Tanzania, Samia Suluhu Hassan.
Atas kiri ke kanan: Vice President Director & Deputy CEO ESSA, Kanishk Laroya, CEO PT INDESSO, Robertus Juliarto Gunawan, Director International Business Dexa Medica Grup, Anndy Sembiring, Vice President Director of MIND ID, Dany Amrul Ichdan, Direktur Utama Pertamina, Nicke Widyawati Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo, Direktur Utama Pertamina Internasional EP, Jaffee Arizon Suardin, Komisaris Independen Adaro, Budi Bowoleksono, dan Division Head of Strategic Reserve Development of MIND ID, Hashari Kamaruddin.

Ketiga, kerja sama juga mencakup pengembangan bisnis non-inti di TANESCO seperti Power Quality Solutions, Pekerjaan Dalam Keadaan Bertegangan (PDKB), dan MRO. Keempat, terdapat rencana penyediaan Capacity Building dan pertukaran pegawai melalui program internship, di mana pegawai TANESCO akan berkunjung ke PLN untuk mempelajari transformasi digital dan inti bisnis ketenagalistrikan PLN.

BACA JUGA : UMKM Gula Aren Buatan Arya Krisna Nusantara Made Raih Penghargaan UMKM Awards Sulawesi Utara

Darmawan Prasodjo menyatakan, “PLN memiliki pengalaman dan kisah sukses yang dapat dibagikan dan diimplementasikan di Tanzania, terutama dalam pengelolaan sumber daya manusia, transformasi, dan digitalisasi di sektor ketenagalistrikan. Kami akan berusaha semaksimal mungkin dalam kerja sama ini, karena keberhasilan PLN juga akan menjadi prestasi bagi Indonesia.”

Managing Director TANESCO, Maharage Chande, menjelaskan bahwa langkah transformasi bisnis yang telah dilakukan oleh PLN dapat diadaptasi oleh TANESCO untuk meningkatkan keandalan dan keberlanjutan sistem kelistrikan di Afrika Timur, khususnya di Tanzania. Kerja sama ini juga bertujuan untuk mencapai tujuan bersama dalam mencapai Net Zero Emission (NZE).

“PLN adalah perusahaan listrik yang memiliki reputasi global. Kerja sama ini membuka peluang ekspansi bisnis dan memperkuat hubungan bilateral antara kedua negara dan antara kedua perusahaan,” ujar Maharage Chande.***

Berita Lainnya :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *