Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Timur Gelar Bimbingan Teknis Peningkatan Kapasitas Aparatur Pemerintahan Desa

KLIK24.NEWS Bandung – Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Timur bekerja sama dengan Pusat Studi Strategi Pembangunan Daerah telah berhasil menyelenggarakan Bimbingan Teknis (Bimtek) yang bertujuan untuk meningkatkan kapasitas Aparatur Pemerintahan Desa. Kegiatan ini dilangsungkan di Hotel Gino Feruci Braga Bandung pada Kamis, 14 September 2023.

Acara tersebut dihadiri oleh berbagai pihak penting, termasuk Perwakilan dari Kementerian Dalam Negeri, DR. H. Mansyur Achmad KM, M.Si, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Bolaang Mongondow Timur, Ny Seska Ervina Budiman S.Sos, Staf Khusus Bupati, Masrianto Patra, Asisten Bidang Pemerintahan Hendra Tangel SH, Kepala Inspektorat Daerah Ade Herli Mokoginta, SH, serta Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Moh Rezhah Mamonto, S.Kom.

BACA JUGA : KPP Kotamobagu Kenalkan Proses Bisnis Kepada Siswa SMKN 2 Kotamobagu

Dalam sambutannya, Ketua Panitia Pelaksana Bimtek, yaitu Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Bolaang Mongondow Timur, Rahman Hulalata S.Pd MM, menjelaskan bahwa kegiatan ini diadakan untuk meningkatkan kinerja Aparatur Desa.

“Peningkatan kapasitas Aparatur dan Lembaga Desa merupakan salah satu prioritas dalam program Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Timur untuk meningkatkan kinerja Aparatur Desa, Badan Permusyawaratan Desa (BPD), dan lembaga desa lainnya,” ujarnya.

Bupati Bolaang Mongondow Timur, Sam Sachrul Mamonto S.Sos, M.Si, juga turut berbicara dalam acara ini. Ia mengungkapkan bahwa peningkatan kapasitas Aparatur Desa merupakan kewajiban Pemerintah Daerah berdasarkan Undang-Undang tentang Desa.

“Penyempurnaan kapasitas ini sudah sesuai dengan regulasi yang ada, termasuk dalam Undang-Undang Desa Nomor 6 Tahun 2014 yang menegaskan bahwa Pemerintah Daerah berkewajiban untuk meningkatkan kapasitas kepala desa dan perangkat desa, termasuk BPD,” kata Bupati Sam Sachrul Mamonto.

BACA JUGASegera Berakhir, KPP Kotamobagu Sosialisasikan PPS Kepada DPRD Bolmong

Bupati juga berharap agar seluruh peserta Bimtek dapat mengikuti kegiatan ini dengan serius dan cermat. “Saya berharap kepada semua peserta untuk mengikuti materi dari pemateri dengan cermat, karena manfaat dari pelaksanaan Bimtek ini adalah untuk meningkatkan kinerja kita, terutama dalam pelayanan di Desa,” tambahnya.

Melalui kegiatan Bimtek ini, Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Timur berupaya memperkuat kapasitas Aparatur Pemerintahan Desa dalam rangka meningkatkan pelayanan publik dan pengelolaan desa yang lebih baik.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *