Hari Listrik Nasional ke-78: Transformasi Layanan PLN Membawa Geliat Positif

Komisaris Utama PLN Agus Dermawan Wintarto Martowardojo saat menyampaikan sambutan dalam acara Syukuran Hari Listrik Nasional (HLN) ke-78 di Kantor Pusat PLN, Jakarta, Jumat (27/10). Dirinya menegaskan semangat PLN untuk mewujudkan sistem kelistrikan nasional yang mandiri, andal dan bersih diselaraskan dengan konsep pembangunan Green Energy. Hal tersebut juga menjadi bagian komitmen PLN menghadapi berbagai tantangan serta mendukung upaya pemerintah dalam transisi energi.

KLIK24.NEWS Tahuna – Dalam rangka peringatan Hari Listrik Nasional ke-78, PT PLN (Persero) menandai tiga tahun perjalanan gerakan transformasi melalui Program Transformasi PLN. Dengan aspirasi Green, Lean, Innovative, dan Customer Focused, transformasi ini telah memberikan dampak besar pada layanan PLN, terutama dalam memenuhi kebutuhan pelanggan. Perusahaan pelat merah ini mampu menjawab tantangan dan memberikan kepuasan kepada masyarakat Indonesia.

BACA JUGA : PLN Salurkan 844 Paket Sembako dalam Dukungan Program Bantuan Sosial Pangan di Hari Listrik Nasional ke-78

Peringatan Hari Listrik Nasional memiliki makna khusus, sebagai momen bersejarah di mana Indonesia merebut perusahaan listrik dari tangan Jepang pada tahun 1945. Pada hari ini, PLN tidak hanya merayakan kemerdekaan Indonesia tetapi juga keberhasilannya dalam menjawab tantangan keandalan listrik dan isu pelayanan selama 78 tahun.

Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo saat menjadi pembina upacara Hari Listrik Nasional (HLN) ke-78 di Kantor Pusat PLN, Jakarta, Jumat (27/10). Dalam momentum HLN ke-78, Darmawan mengatakan, PLN tak akan berhenti berkontribusi untuk negeri. Sebagai jantung pembangunan, pertumbuhan dan roda ekonomi PLN akan terus memberikan upaya terbaiknya.

Transformasi PLN tidak hanya menjadi retorika belaka. Aplikasi PLN Mobile menjadi pilar utama dalam membentuk ulang pola kemudahan akses layanan PLN bagi masyarakat. Dulu, antrian panjang untuk pembayaran tagihan listrik dan berbagai pengaduan harus diatasi dengan perjalanan jauh. Namun, sekarang, PLN Mobile hadir sebagai solusi, mengubah paradigma pelayanan kepada pelanggan.

General Manager PLN Unit Induk Distribusi Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, dan Gorontalo (UID Suluttenggo), Ari Dartomo, menyampaikan bahwa PLN Mobile merupakan aplikasi super PLN yang menawarkan berbagai layanan komprehensif, mulai dari permohonan pasang baru hingga keluhan pelanggan.

PLN menggelar Upacara Peringatan Hari Listrik Nasional ke-78 yang digelar di PLN Kantor Pusat, Jakarta pada Senin (27/10). Mengangkat tema ‘Accelerating Renewable Energy, We’re the New Energy’, PLN menggelorakan semangat transisi energi demi memastikan kehidupan yang lebih baik di masa mendatang.

Transformasi ini merupakan wujud nyata PLN dalam memberikan solusi bagi Indonesia.Pada upacara peringatan HLN ke-78, Dartomo menekankan bahwa Insan PLN harus tampil memberikan solusi untuk Indonesia. Keberhasilan ini terlihat dari 85 juta pelanggan yang menikmati listrik andal dengan layanan PLN yang responsif dan memuaskan.

Index kepuasan pelanggan PLN UID Suluttenggo mencapai 98,26% pada tahun 2022, menunjukkan bahwa PLN Mobile menjadi media yang tepat untuk memberikan solusi kelistrikan yang dibutuhkan masyarakat.

Petugas PLN melakukan monitoring operasi pembangkit listrik tenaga air (PLTA) Tonsealama yang berlokasi di Kabupaten Minahasa, Sulawesi Utara. PLTA Tonsealama termasuk dalam tujuh pembangkit pertama milik perusahaan listrik di Hindia Belanda, yang dirintis mulai 1917 dan menjadi cikal bakal PLN. PLTA Tonsealama menjadi pembangkit pertama di Indonesia yang menggunakan aliran sungai sebagai sumber energi primernya.

Aplikasi PLN Mobile tidak hanya mempermudah akses layanan, tetapi juga diapresiasi melalui penghargaan kepada pelanggan yang aktif bertransaksi di aplikasi tersebut. Manager UP3 Tahuna, Muhammad Taufik, menekankan bahwa kehadiran PLN Mobile adalah solusi kelistrikan yang mudah diakses dari mana saja dan kapan saja, tanpa repot mencari loket.

BACA JUGA : Hari Listrik Nasional ke-78: PLN Menjadi Pilar Terdepan dalam Pelayanan Listrik Terbaik

Ari Dartomo mengajak masyarakat untuk mendukung PLN dengan menggunakan aplikasi PLN Mobile dalam setiap kebutuhan listrik. “Marijo sama-sama torang pakai PLN Mobile agar semua makin mudah,” ajak Dartomo, menandakan semangat dan kolaborasi dalam meraih kesuksesan transformasi layanan PLN.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *