Dampingi Kunjungan Presiden di IKN, Dirut PLN Siap Penuhi Kebutuhan Listrik Dari Energi Bersih

Presiden Republik Indonesia Joko Widodo saat menyampaikan sambutan dalam groundbreaking Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Ibu Kota Nusantara 50 MW Kamis, (2/10). Dirinya mengatakan bahwa pembangunan PLTS ini merupakan bukti keseriusan pemerintah melalui PLN dalam menyiapkan sistem kelistrikan yang andal berbasis pada energi baru dan terbarukan untuk memenuhi kebutuhan listrik di IKN Nusantara.

KLIK24.NEWS Nusantara – Dampingi Kunjungan, Presiden Joko Widodo, didampingi oleh Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo dan 99 Chief Executive Officer (CEO) yang memiliki bisnis di Indonesia, melaksanakan kunjungan ke Ibu Kota Nusantara (IKN) pada Kamis (01/11). Kunjungan ini dilakukan dalam rangka melihat perkembangan pembangunan IKN sebagai bagian dari Kompas100 CEO Forum 2023.

BACA JUGA : Presiden Jokowi Groundbreaking PLTS PLN 50 MW di IKN Nusantara untuk Energi Bersih 100%

Presiden Jokowi menggarisbawahi komitmen pemerintah untuk membangun IKN sebagai kota hutan hijau dan ramah lingkungan. Untuk memenuhi kebutuhan listrik di IKN, Presiden menyatakan niatnya untuk menggunakan energi baru dan terbarukan (EBT) sebagai sumber utama. Selain tenaga surya, potensi hidro dari sungai dan danau di sekitar IKN juga akan dimanfaatkan. “Sistem kelistrikan di IKN Nusantara akan berbasis pada energi baru terbarukan, sehingga kita tidak hanya mampu menghasilkan listrik yang andal, tetapi juga bersih dan ramah lingkungan,” kata Presiden.

Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (kanan) menerima White paper dari CEO Kompas Gramedia Lilik Oetama (kiri) yang didampingi oleh Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo (tengah), saat rangkaian acara Kompas100 CEO Forum, di Kawasan Glamping, Ibu Kota Nusantara, Kamis (02/11). White paper ini merupakan karya Litbang Kompas yang berisi outlook Indonesia untuk mencapai Generasi Indonesia Emas 2045.

Darmawan Prasodjo, Direktur Utama PLN, menegaskan kesiapan PLN untuk menyediakan pasokan listrik terbaik untuk IKN. PLN akan menerapkan konsep state-of-the-art technology, dengan komitmen membangun sistem kelistrikan IKN yang hijau, pintar berbasis kecerdasan buatan (AI), dan indah.

“Sistem kelistrikan di IKN ini akan menjadi yang paling mutakhir dan akan dibanggakan oleh bangsa ini. Sistem kelistrikan IKN adalah yang terbaik di dunia,” ujar Darmawan. Pada tahap awal, PLN sedang membangun Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) berkapasitas 50 Megawatt (MW). Peletakan batu pertama PLTS ini dilakukan oleh Presiden Jokowi pada Kamis, (2/11).

Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (berdiri – tengah) foto bersama Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo (berdiri – empat dari kanan), Komisaris Utama PLN Agus Martowardojo (duduk – kanan), CEO Kompas Gramedia Lilik Oetama (berdiri – dua dari kiri), Pemimpin Redaksi Harian Kompas Sutta Dharmasaputra (duduk – dua dari kanan), serta beberapa CEO dari berbagai perusahaan setelah menyelesaikan rangkaian acara Kompas100 CEO Forum di Kawasan Glamping, Ibu Kota Nusantara, Kamis (02/11).

“Kebutuhan listrik untuk Agustus 2024 sekitar 34 MW. Dan kami bangun PLTS 50 MW. Jadi nanti saat upacara Hari Kemerdekaan ke-79, listrik di IKN sudah 100% hijau,” ungkap Darmawan. Dalam jangka panjang, PLN juga akan memaksimalkan potensi hidro di pulau Kalimantan untuk menghasilkan listrik, dengan membangun ekosistem hijau khusus untuk IKN.

Selain itu, PLN akan menerapkan pengaturan dan pengamanan sistem kelistrikan canggih berbasis digital dengan memanfaatkan kecerdasan buatan. Semua jaringan listrik akan menggunakan smart meter dan fiber optic internet untuk mendukung pembangunan smart home, smart building, hingga smart city yang terintegrasi di IKN.

Komisaris Utama PLN, Agus D. Martowardojo (dua dari kanan), bersama Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo (tengah), Direktur Distribusi PLN Adi Priyanto (kiri), Direktur Utama PLN Icon Plus Ari Rahmat Indra Cahyadi (kanan), dan Direktur Utama PLN Enjiniring Chairani Rahmatullah (dua dari kiri) setelah mengunjungi lokasi pembangunan Istana Presiden di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan, Ibu Kota Nusantara, Kamis (02/11).

“Sehingga, IKN akan menjadi smart city tercanggih, terbaik di dunia, dan menjadi kebanggaan kita semua,” tambah Darmawan. Untuk menjaga keindahan, PLN juga akan menyembunyikan gardu induk dan seluruh jaringan listrik di bawah tanah, mengikuti konsep yang berhasil diterapkan saat merevitalisasi kelistrikan Istana Kepresidenan Jakarta.

BACA JUGA : “Kuliner Indonesia: Merayakan Kelezatan dari Sabang hingga Merauke”

Kunjungan ke IKN juga melibatkan beberapa lokasi seperti Persemaian Mentawir, Istana Presiden, Hunian Pekerja Konstruksi, dan Kawasan Glamping IKN. Turut hadir dalam kunjungan tersebut beberapa menteri dan pejabat tinggi negara.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *