PLN Suluttenggo Luncurkan Program Desa Berdaya untuk Mendorong Perekonomian dan Wisata di Desa Palaes

KLIK24.NEWS Manado – PLN Suluttenggo Luncurkan Program Desa, PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, dan Gorontalo kembali melaksanakan program tanggung jawab sosial dan lingkungan (TJSL) sesuai dengan tujuan pembangunan berkelanjutan atau SDG’s (Sustainable Development Goals).

BACA JUGA : Sekda Kotamobagu Buka Sosialisasi Pengelolaan Barang Milik Daerah dan Launching Aplikasi Inovatif

Dalam konsep “Desa Berdaya PLN,” PLN memberikan bantuan untuk Desa Palaes sebagai Desa Wisata Penyangga Destinasi Super Prioritas (DSP) Likupang yang berlokasi di Kecamatan Likupang Barat, Kabupaten Minahasa Utara, Sulawesi Utara.

General Manager PLN Suluttenggo, J.A Ari Dartomo, menjelaskan bahwa program ini merupakan bagian dari tujuan TJSL PLN yang juga terkait dengan SDG’s, khususnya dalam menciptakan pekerjaan layak dan pertumbuhan ekonomi. Dengan program Desa Berdaya, PLN berusaha mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat Desa Palaes menuju tujuan kesejahteraan bersama. “Latar belakang program ini adalah untuk meningkatkan perekonomian masyarakat desa, mengurangi tingkat pengangguran, dan menjadikan Desa Palaes sebagai destinasi wisata yang dikenal luas,” ungkap Dartomo.

Bantuan yang diberikan oleh PLN melalui konsep Desa Berdaya mencakup 1 buah Rumah Usaha Mikro Kecil (UMK), 2 gasebo kuliner, 15 Kios Kuliner UMK, 2 buah Perahu Listrik beserta Sistem Penerangan Listrik Umum (SPLU), 15 set perlengkapan Electrifying Lifestyle berupa kompor induksi dan peralatan masak listrik, totem dan gapura desa, serta fasilitas pendukung lainnya.

Asisten Potensi Maritim Lantamal VIII Manado, Kolonel Laut (P) Suryai, yang hadir mewakili Danlantamal, menyambut baik kerjasama antara PLN dan pihak militer dalam mendukung program ini, terutama untuk Kawasan Destinasi Pariwisata Super Prioritas Likupang.

“Konsep Desa Berdaya diharapkan dapat mengembangkan potensi wisata dan meningkatkan ekonomi masyarakat Desa Palaes secara pesat,” ungkap Suryai. Jeini Morong, Hukum Tua Desa Palaes, mengucapkan terima kasih kepada PLN atas bantuan yang diharapkan dapat membantu masyarakat Desa Palaes untuk menjadi lebih produktif dalam kesehariannya. “Terima kasih PLN, sebelum adanya bantuan ini, ibu rumah tangga di desa hanya berdiam dirumah, kini mereka dapat memanfaatkan kios-kios UMK untuk berjualan dan membantu perekonomian keluarga,” ujar Jeini.

BACA JUGA : Penjabat Wali Kota Kotamobagu Serahkan Proposal Festival Monuntul ke Kemenparekraf RI

Dukungan dari berbagai pihak, termasuk Pemerintah, Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) VIII Manado, PT Permodalan Nasional Madani (PNM) Cabang Manado, dan masyarakat yang terlibat diharapkan dapat memastikan kesuksesan program Desa Berdaya PLN untuk mendorong pembangunan ekonomi dan pariwisata di Desa Palaes.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *