PLN Electric Run 2023 Sukses Kurangi Emisi 11.880 kilogram CO2 dan Berdayakan Masyarakat Pra Sejahtera

Kemeriahan ajang PLN Electric Run 2023 yang digelar di Scientia Square Park, Serpong, Tangerang diikuti 5.000 peserta dalam 3 kategori jarak, yaitu 5 kilometer, 10 kilometer, dan Half Marathon atau 21 kilometer.

KLIK24.NEWS Tangerang – PT PLN (Persero) meraih kesuksesan dalam menggelar PLN Electric Run 2023 yang diikuti oleh 5.000 pelari di Scientia Square Park, Serpong, Tangerang pada Minggu (10/12). Event lari nasional ini, selain menjadi ajang olahraga, juga memberikan kontribusi signifikan dalam pengurangan emisi karbon sebanyak 11.880 kilogram CO2.

Flag off dimulai dari titik start-finish Race Village PLN Electric Run 2023 di Scientia Square Park, Serpong, dengan dibuka secara resmi oleh Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo, Wakil Komisaris Utama PLN, Suahasil Nazara, serta jajaran Komisaris dan Direksi PLN.

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo (kiri) dan Wakil Pemimpin Umum Harian Kompas Budiman Tanuredjo (kanan) foto bersama pemenang kategori Male Nasional Half Marathon ajang PLN Electric Run 2023. Pelari Rikki Marthin Simbolon (empat dari kanan) berhasil memenangkan juara 1 kategori Male Nasional Half Marathon dan mendapatkan hadiah uang senilai Rp 65 juta.

Darmawan Prasodjo, Direktur Utama PLN, menjelaskan bahwa PLN Electric Run 2023 dengan tema ‘Running the New Spirit’ menjadi panggung bagi PLN untuk mengajak masyarakat berpartisipasi aktif dalam mengurangi emisi karbon. Melalui kegiatan berlari ini, PLN ingin menjaga lingkungan dan mengurangi dampak perubahan iklim.

“Caranya apa, salah satunya dengan berlari. Karena dengan berlari, akan terjadi pengurangan emisi gas rumah kaca dibandingkan dengan menggunakan kendaraan berbasis BBM. Kita lakukan ini untuk memastikan generasi yang mendatang lebih baik dari generasi saat ini,” ujar Darmawan.

BACA JUGA : PLN Sukses Energize Daya 3.465 kVA untuk De-dieselisasi di Pelabuhan Bitung, Mendukung Green Port PT Pelindo

Pengurangan emisi yang dihasilkan dari PLN Electric Run 2023 terjadi karena berlari merupakan bentuk mobilitas tanpa emisi, berbeda dengan kendaraan berbasis BBM yang dapat menghasilkan emisi sebanyak 2,4 kilogram CO2 per 10 kilometer. Dengan total jarak yang ditempuh oleh 5.000 pelari, acara ini berhasil mengurangi emisi sekitar 11.880 kilogram CO2.

Selain berfokus pada pengurangan emisi, PLN juga menjadikan event lari ini sebagai wadah berbagi kepada masyarakat pra sejahtera. Melalui PLN Electric Run 2023, PLN mengkonversi jarak lari dan penghematan BBM yang dikumpulkan oleh para pelari menjadi biaya bantuan penyambungan listrik baru untuk masyarakat pra sejahtera.

“Jadi, kita bisa mendukung konsep ramah lingkungan untuk menekan emisi karbon, sekaligus berbagi melalui biaya sambungan listrik untuk masyarakat pra sejahtera. Bisa dibayangkan, berapa emisi yang bisa kita hindari jika kita melakukan mobilitas dengan berlari. Kami bersyukur, event ini disambut baik oleh para pecinta olahraga lari,” tambah Darmawan.

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo (lima dari kanan), Wakil Komisaris Utama PLN Suahasil Nazara (dua dari kanan), beserta jajaran Komisaris dan Direksi PLN saat melepas ribuan pelari kategori 10 kilometer pada ajang PLN Electric Run 2023 di Scientia Square Park, Serpong, Tangerang pada Minggu (10/12).

Darmawan berharap bahwa PLN Electric Run 2023 dapat membangun kesadaran para pelari untuk berkontribusi dalam menjaga bumi dengan mengurangi emisi karbon. Hal ini sejalan dengan komitmen PLN untuk menekan emisi karbon demi mencapai target Net Zero Emissions pada tahun 2060 atau bahkan lebih cepat, mengingat antusiasme tinggi para peserta yang mengikuti PLN Electric Run 2023.

“Saya ingin mengucapkan terima kasih atas partisipasi dari seluruh teman-teman yang sudah mengikuti PLN Electric Run 2023 ini. Bahkan hanya dalam dua hari semua tiket sudah sold out. Artinya apa? Ada kekompakan bagi PLN didukung oleh seluruh komunitas agar kita bisa mengurangi emisi gas rumah kaca dan bisa mendinginkan bumi, itu adalah tagline dari PLN Electric Run 2023,” ujar Darmawan.

BACA JUGA : Pemberdayaan Perempuan dalam Dunia Pendidikan Langkah-Langkah Menuju Kesetaraan

Darmawan menambahkan bahwa PLN Electric Run 2023 diharapkan dapat menjadi motivasi bagi para atlet Indonesia untuk meraih prestasi di tingkat nasional dan global. Event lari ini terbagi menjadi tiga kategori yaitu 5K, 10K, dan Half Marathon. “Ini adalah spirit yang baru, tentu saja ini adalah awal yang baik PLN Electric Run 2023 akan diikuti oleh PLN Electric Run 2024, 2025, dan tentu saja skalanya akan menjadi lebih besar lagi,” pungkasnya.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *