PLN Peduli Pendidikan: Membangun Masa Depan Cerdas Bangsa

Penyerahan buku kepada murid PAUD KB Budi Mulya Desa Padang pada Juli 2023.

KLIK24.NEWS Jakarta – PLN Peduli Pendidikan,  PT PLN (Persero) terus mengokohkan komitmennya untuk mendukung kemajuan bangsa melalui berbagai program bantuan di sektor pendidikan. Melalui program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) PLN Peduli, perusahaan ini berhasil merealisasikan 382 program dengan total 159.809 penerima manfaat selama tahun 2023.

BACA JUGA : Prestasi Cemerlang: Kanwil DJP Suluttenggomalut Dominasi Capaian Penerimaan dan Kepatuhan Pajak Tahun 2023

Program ini mencakup sejumlah inisiatif, termasuk PLN Peduli Pendidikan, Beasiswa Duta Bercahaya, Digitalisasi Pendidikan, Program Kolaborasi Pendidikan, dan dukungan khusus untuk pendidikan difabel dan kaum rentan.

Simbolis penyerahan bantuan pengembangan kompetensi tenaga pendidik TK Adhyaksa XXVII Ambon, Maluku pada Mei 2023.

Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo, menyatakan bahwa semangat PLN untuk memberikan akses listrik yang andal turut diikuti dengan semangat mendukung pendidikan di Tanah Air. Program TJSL ini berhasil memberikan dampak positif bagi 159.809 penerima manfaat di seluruh Indonesia, terdiri dari 84.316 laki-laki dan 75.493 perempuan.

Dari total manfaat tersebut, program TJSL memberikan dukungan nyata bagi 3.305 kaum difabel, sertifikasi kompetensi kepada 89.255 penerima manfaat, dan digitalisasi pendidikan kepada 18.093 penerima manfaat. Selain itu, PLN juga memberikan fasilitasi untuk 399 magang bersertifikat, perbaikan 6.880 sarana dan prasarana sekolah formal/informal, serta 349 vokasi upgrading guru.

Kepala Sekolah SMK Negeri 1 Sumatera Barat, Zulkifli (Kanan) didampingi Senior Manager Perencanaan PLN UID Sumbar, Armunanto (kiri) meninjau laboratorium komputer SMK Negeri 1 Sumatera Barat yang merupakan bantuan TJSL PLN Peduli.

Program TJSL PLN di bidang pendidikan tidak hanya menghasilkan dampak pada penerima manfaat, namun juga mendukung pengembangan kompetensi pengajar. Sebagai contoh, PLN memberikan pelatihan pengembangan kompetensi, termasuk Sertifikasi Junior Office Operator, bagi pengajar TK Adhyaksa XXVII Ambon, Provinsi Maluku pada Mei 2023.

PLN juga aktif dalam mendukung prasarana sekolah, baik formal maupun informal. Pada Juli 2023, PLN memberikan bantuan sarana dan prasarana untuk Perpustakaan Desa Padang, Kabupaten Tanah Laut, Provinsi Kalimantan Selatan, dalam program bertajuk “Literasi Hingga Pelosok Negeri.” Bantuan ini bertujuan untuk meningkatkan minat baca dan literasi masyarakat melalui perpustakaan yang berbasis inklusi sosial.

Bantuan PLN juga merambah ke sekolah formal, seperti SMPN 1 Muntok, Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Bangka Belitung. Pada November 2023, PLN memberikan bantuan sarana dan prasarana laboratorium komputer di SMPN 1 Muntok. Kepala sekolah, Juniar, menyampaikan rasa terima kasih atas kontribusi PLN, yang telah membuat sarana pendidikan menjadi lebih variatif dan meningkatkan semangat belajar siswa.

BACA JUGA : Kinerja Gemilang Kanwil DJP Suluttenggomalut Tahun 2023: Penerimaan Pajak Mencapai Rekor Tinggi

Melalui fokus pada pendidikan, PLN berharap dapat meningkatkan akses, kualitas, dan inklusivitas pendidikan, serta mendukung tercapainya tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals/SDGs) dalam hal pendidikan, lingkungan, dan pengembangan UMKM. Program-program ini mencerminkan tekad PLN untuk memberikan dampak positif bagi masyarakat dan mendukung inovasi serta perkembangan teknologi di Indonesia.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *