Raih Prestasi Gemilang: Listrik 24 Jam Nonstop Selama 20 Tahun di Pulau Simatang

KLIK24.NEWS Tolitoli – PT PLN (Persero) mencatat pencapaian luar biasa dengan berhasil menyediakan listrik nonstop 24 jam selama 20 tahun di Pulau Simatang, Kabupaten Tolitoli. Prestasi ini menandai komitmen PLN dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat terpencil, di mana Pulau Simatang menjadi satu-satunya pulau yang berlistrik di kabupaten tersebut.

Sejak kehadiran PLN di Pulau Simatang pada tahun 1998 dengan jam nyala listrik hanya 6 jam, perusahaan terus berupaya meningkatkan pelayanan. Pada tahun 2004, upaya tersebut membuahkan hasil, dan kini Pulau Simatang dapat menikmati listrik 24 jam setiap harinya. Proses pengadaan listrik ini melibatkan perjalanan darat selama 4 jam dari Pusat Kabupaten Tolitoli dan menyeberangi lautan selama 45 menit menggunakan perahu rakyat.

BACA JUGA : PLN UP3 Tolitoli Maksimalkan Energi Baru Terbarukan dengan PLTMH Tomini

Pengakuan terhadap prestasi PLN di Pulau Simatang tidak hanya datang dari masyarakat setempat tetapi juga dari penghargaan yang diterima. Pada tahun 2014, PLN Simatang meraih penghargaan Unit Layanan Terpencil Terbaik Tahun 2014 mewakili UID Suluttenggo. Saat ini, daya mampu PLN di Pulau Simatang mencapai 76 kW dengan beban puncak 45 kW pada malam hari, menciptakan surplus sebesar 31 kW.

Kepala Desa Simatang Tanjung, Sulaiman Tuyung, menyampaikan rasa terima kasihnya kepada PLN atas kontribusi positif dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat Pulau Simatang.

“Kami sangat berterima kasih kepada PLN telah menghadirkan listrik 24 jam di Pulau Simatang sehingga masyarakat bisa beraktivitas dan anak-anak juga bisa belajar dengan baik pada malam hari. Luar biasa, PLN,” ujar Sulaiman Tuyung dengan penuh apresiasi.

Pulau Simatang, yang terletak di Laut Sulawesi, menjadi bukti dedikasi PLN dalam menyediakan listrik nonstop di daerah sulit dijangkau. Dengan luas 21 km² dan populasi 1.835 jiwa, pulau ini merupakan tantangan tersendiri dalam penyediaan listrik, berjarak 2,3 mil dari daratan Pulau Sulawesi.

Ari Dartomo, General Manager PLN Unit Induk Distribusi Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, dan Gorontalo (UID Suluttenggo), menegaskan bahwa PLN tidak hanya hadir memberikan listrik tetapi juga berkomitmen memberikan pelayanan terbaik, terutama di pulau-pulau terpencil.

“PLN sangat menyadari listrik telah menjadi kebutuhan primer bagi masyarakat Indonesia, PLN akan terus memberikan upaya terbaiknya dalam menerangi seluruh negeri. PLN berkomitmen menyediakan listrik berkeadilan hingga ke daerah terisolir serta untuk daerah-daerah 3T,” ucap Dartomo.

BACA JUGA : Momentum Epik Kedatangan Prabowo Subianto di Manado Langoan Membakar Semangat Para Pendukung

Manager Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Tolitoli menambahkan bahwa PLN UP3 Tolitoli tetap berkomitmen untuk menyediakan cahaya dan menerangi kehidupan masyarakat dengan memberikan akses kelistrikan yang lebih luas dan terjangkau.

“Dengan berbagai upaya, PLN UP3 Tolitoli tetap berkomitmen untuk melayani seluruh kebutuhan listrik pelanggan dengan tujuan meningkatkan perekonomian di Kabupaten Tolitoli dan sekitarnya. Karena kebutuhan listrik ini sangat mendukung pertumbuhan dan keberlanjutan perkembangan ekonomi daerah,” tuturnya.***

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *