PLN Gandeng Perusahaan Jepang Kembangkan Bisnis Energi Primer dari Gas hingga Hidrogen Hijau

Suasana penandatanganan nota kesepahaman antara PLN Energi Primer Indonesia (EPI) dengan JERA yang dilaksanakan di Bandung pada Senin (5/2). Keterangan foto: Direktur Legal & Human Capital PLN, Yusuf Didi Setiarto (kedua dari kanan), Direktur Perencanaan Korporat dan Pengembangan Bisnis PLN, Hartanto Wibowo (kedua dari kiri), Direktur Utama PLN EPI, Iwan Agung Firstantara (paling kiri), Direktur Gas dan BBM PLN EPI, Rakhmad Dewanto (ketiga dari kiri), Executive Officer, Head of the Platform Business Group JERA, Executive Officer, Shinsuke Nakayama, (ketiga dari kanan), dan Executive Officer, Head of LNG Origination Group JERA, Ryosuke Yamada (paling kanan).

KLIK24.NEWS Bandung – PT PLN (Persero) melalui Subholding PLN Energi Primer Indonesia (PLN EPI) telah menggandeng perusahaan asal Jepang, JERA Co. Inc, untuk menjajaki peluang kerja sama dan kolaborasi strategis dalam pengembangan bisnis energi primer, mulai dari gas hingga hidrogen hijau di Indonesia.

Nota kesepahaman antara PLN EPI yang diwakili oleh Direktur Gas dan BBM, Rakhmad Dewanto, dan perwakilan dari JERA, Executive Officer dan Head of the Platform Business Group, Shinsuke Nakayama, telah ditandatangani di Bandung pada Senin (5/2/2024).

Penandatanganan nota kesepahaman antara PLN Energi Primer Indonesia (EPI) dengan JERA guna menjajaki peluang kolaborasi strategis dalam bidang suplai, optimasi rantai pasok dan infrastruktur LNG untuk PLN Group sekaligus mengembangkan ekosistem energi hijau di Indonesia yang dilaksanakan di Bandung pada Senin (5/2).

Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo, menekankan bahwa kemitraan ini bertujuan untuk memperkuat kerja sama dengan perusahaan energi terdepan dunia dalam manajemen energi primer, termasuk pengembangan energi hijau seperti hidrogen. Darmawan menyatakan bahwa hidrogen dianggap sebagai energi masa depan yang memiliki potensi besar dalam transisi energi.

BACA JUGA : PLN Sulutenggo Serahkan Ribuan Paket Sembako Di Desa Nain Minut

Kerja sama ini akan fokus pada sejumlah aspek, termasuk pengadaan, optimasi pasokan, pengembangan infrastruktur LNG, serta pengembangan sumber daya manusia untuk bidang komersial dan pasar LNG. Selain itu, kolaborasi ini juga akan mencakup pengembangan potensi amonia hijau atau biru dan hidrogen hijau atau biru sebagai bagian dari upaya penggantian bahan bakar fosil.

Mewakili Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo, Direktur Perencanaan Korporat dan Pengembangan Bisnis PLN Hartanto Wibowo (paling kiri) yang didampingi Direktur Utama PLN EPI Iwan Agung Firstantara (kedua dari kanan) menyatakan bahwa kemitraan ini bertujuan untuk memperkuat hubungan kolaboratif dengan perusahaan energi terdepan dunia, terutama dalam pelaksanaan manajemen energi primer.

Direktur Utama PLN EPI, Iwan Agung Firstantara, menjelaskan peran gas sebagai substitusi untuk BBM/solar dan batubara dalam jangka pendek dan menengah, serta pentingnya LNG dalam transisi energi jangka panjang. PLN EPI berkomitmen untuk mengembangkan portofolio kontrak LNG dan infrastruktur midstream LNG guna mendukung pengurangan konsumsi bahan bakar minyak di pembangkit listrik milik PLN Group.

Melalui kolaborasi ini, PLN EPI berharap dapat mengoptimalkan rantai pasokan LNG, pengembangan infrastruktur, SDM, dan teknologi pemanfaatan energi hijau di lingkungan PLN Group.

BACA JUGA : GBK Menjadi Saksi Ketika Pendukung Calon Presiden Prabowo-Gibran Mencatat Sejarah dalam Politik Indonesia

Shinsuke Nakayama dari JERA menyatakan komitmen perusahaan untuk mendukung PLN EPI dalam mengembangkan rantai pasok energi primer yang andal untuk Indonesia. Dia percaya bahwa inisiatif pengembangan LNG dan energi hijau merupakan langkah penting dalam dekarbonisasi sektor energi dan menciptakan masa depan yang lebih cerah bagi Indonesia.

Kerja sama ini diharapkan dapat menciptakan terobosan dalam penyediaan energi primer yang berkelanjutan dan andal untuk Indonesia, serta memberikan kontribusi positif dalam upaya global untuk mengurangi emisi karbon dan melindungi lingkungan.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *