Diskominfo Kotamobagu Gelar Bimtek Penyusunan Masterplan Smart City Tahap Dua

Diskominfo Gelar Bimtek Penyusunan Masterplan Smart City Tahap Dua

KLIK24.NEWS Kotamobagu – Diskominfo Kotamobagu menggelar bimbingan teknis (Bimtek) penyusunan Masterplan Smart City tahap dua. Kegiatan ini telah berlangsung sejak kemarin, Senin, 31 Juli 2023, dan saat ini memasuki hari kedua pada tanggal 1 Agustus 2023.

Kepala Diskominfo Kotamobagu, Fahri Damopolii, menyatakan bahwa Bimtek ini akan dilaksanakan dalam empat tahap. Pada tahap dua ini, fokus utama adalah perencanaan lima tahun ke depan terkait pengembangan Smart City.

BACA JUGA : Sejarah Baru, Mensesneg Resmikan Revitalisasi Kelistrikan PLN di Istana Kepresidenan Jakarta Setelah 63 Tahun Sejak Zaman Bung Karno

Fahri menegaskan bahwa rencana Smart City sudah dicanangkan oleh Walikota Kotamobagu sejak Diskominfo membangun data center. Namun, pada saat dicanangkan, belum ada dokumen yang menjadi acuan resmi. Tahap pertama melibatkan penyusunan master plan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) serta perencanaan menggunakan RPJMD dan Renzra dari Diskominfo.

Dengan adanya Masterplan Smart City, Kotamobagu dapat mempersiapkan langkah-langkah strategis untuk lima tahun ke depan dalam mewujudkan gerakan menuju Smart City. Bimtek ini diikuti oleh perwakilan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Desa/Kelurahan, dan komunitas-komunitas di Kotamobagu. Kegiatan ini melibatkan dua pemateri tenaga ahli dan satu perwakilan dari kementerian.

BACA JUGA : Terus Tingkatkan Pelayanan Kepada Masyarakat, PLN di Ganjar Penghargaan Dari Pemkot Manado

Fahri berharap pada tahap kedua Bimtek ini, akan dihasilkan perumusan visi dan misi Smart City Kotamobagu, penetapan rencana aksi, dan penetapan peta jalan Smart City untuk kota Kotamobagu. Dengan demikian, kesiapan dan arah pengembangan Smart City di Kotamobagu dapat menjadi lebih terarah dan efektif dalam mencapai tujuan tersebut.***

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *