Lomba Gambus dan Salamat Semarakkan Perayaan HUT RI ke-78 di Kota Kotamobagu

KLIK24.NEWS Kotamobagu – Pemerintah Kota Kotamobagu merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Republik Indonesia dengan menggelar Lomba Gambus dan Salamat yang digelar pada Minggu, 13 Agustus. Lomba yang diselenggarakan selama dua hari, 13-14 Agustus 2023, ini merupakan bagian dari upaya Pemerintah Kota Kotamobagu untuk melestarikan kebudayaan daerah.

BACA JUGA : PLN Kampanyekan Energi Baru Terbarukan melalui Bunga Krisan Hasil Petani Binaan pada Tomohon International Flower Festival

Menurut Koordinator Lomba Gambus dan Salamat, Ariono Potabuga, S.Pd., M.E., kegiatan ini juga bertujuan untuk menghidupkan kembali kebudayaan lokal dan memeriahkan peringatan HUT ke-78 Republik Indonesia.

“Kegiatan ini tidak hanya untuk merayakan HUT Republik Indonesia, tetapi juga untuk mengangkat dan mengembangkan budaya-budaya daerah agar tetap hidup dan hadir di tengah masyarakat,” ujar Ariono.

Lomba Gambus dan Salamat diikuti oleh berbagai Desa dan Kelurahan di wilayah Kota Kotamobagu. “Lomba ini melibatkan partisipasi dari seluruh Desa dan Kelurahan di Kota Kotamobagu. Hingga saat ini, tercatat ada 21 peserta Putra dan 3 peserta Putri untuk Lomba Salamat, serta 4 peserta Putra dan 3 peserta Putri untuk Lomba Gambus,” jelas Ariono.

Kegiatan ini digelar di lapangan Olahraga Desa Pontodon, Kecamatan Kotamobagu Utara, dan turut dihadiri oleh berbagai tokoh penting, termasuk anggota DPRD Kota Kotamobagu, Anugrah Beggie Chandra Gobel, para pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Camat, Lurah, Sangadi, serta masyarakat setempat.

BACA JUGA : Aksi Sigap Petugas PLN Tangani Gangguan Kelistrikan Akibat Longsor di Kampung Betau

Lomba Gambus dan Salamat ini menjadi wujud konkret dari semangat kebersamaan dalam melestarikan warisan budaya dan memeriahkan perayaan kemerdekaan Indonesia.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *