PLN Mendorong Peningkatan Literasi Baca Melalui Program Taman Baca

KLIK24.NEWS Kotamobagu – PLN Mendorong Peningkatan Literasi Baca, PLN Unit Induk Distribusi Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, dan Gorontalo (UID Suluttenggo) terus berkomitmen dalam meningkatkan literasi baca masyarakat. Setelah sukses dengan berbagai Program Peningkatan Literasi Baca melalui Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL), PLN kini meresmikan taman baca di Dusun Goyo, Desa Ollot 2, Kabupaten Bolaang Mongondow Utara. Pembangunan taman baca ini merupakan bagian dari upaya untuk meningkatkan minat baca masyarakat di daerah tersebut.

BACA JUGA : PLN Goes to School: Meningkatkan Kesadaran Anak-anak tentang Penggunaan Listrik yang Aman

Peresmian taman baca ini dilakukan sebagai bagian dari peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Ke-78 Republik Indonesia. Dusun Goyo merupakan daerah pegunungan yang sulit dijangkau, namun hal tersebut tidak menghentikan upaya PLN dalam menyediakan fasilitas literasi yang memadai untuk masyarakat setempat.

Menurut data Perpustakaan Nasional (Perpusnas), tingkat kegemaran membaca (TGM) masyarakat Indonesia pada tahun 2022 mencapai 63,9 poin. Sulawesi Utara memiliki TGM sebesar 55,58 poin, tertinggal dari Yogyakarta yang berada pada peringkat pertama dengan TGM sebesar 72,29 poin. TGM dihitung berdasarkan beberapa aspek, seperti frekuensi membaca per minggu dan durasi akses internet untuk bahan bacaan.

Program pembangunan taman baca ini juga sejalan dengan Sustainable Development Goals (SDGs) yang dicanangkan oleh PLN. Program ini menjadi bagian dari tujuan SDGs untuk pendidikan yang berkualitas. Pendidikan yang berkualitas dianggap memiliki dampak positif pada berbagai aspek kehidupan, termasuk lapangan kerja, kualitas UMKM, dan perekonomian daerah serta nasional.

Kolaborasi antara PLN UP3 Kotamobagu, Balai Bahasa Provinsi Sulawesi Utara, Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Utara, dan komunitas baca “Alipa” telah mewujudkan taman baca ini. Peresmian taman baca dihadiri oleh berbagai tokoh masyarakat dan pejabat setempat. PLN memberikan bantuan berupa fasilitas rumah baca, komputer, layar edukasi, buku-buku bacaan, dan fasilitas pendukung lainnya.

Dalam sambutannya, Anjar Widyatama, Manager PLN UP3 Kotamobagu, menyampaikan harapannya bahwa taman baca ini dapat bermanfaat bagi masyarakat. Ia juga menegaskan bahwa PLN berkomitmen untuk memberikan dampak positif bagi masyarakat melalui berbagai program di luar penyediaan listrik.

BACA JUGA : Pemerintah Daerah Kota Kotamobagu Ikut Pameran Discover North Sulawesi

Kamil Pontoh, Camat Bolangitan Barat, juga menyampaikan apresiasi terhadap PLN atas bantuan pembangunan taman baca yang tepat sasaran dan menjawab kebutuhan masyarakat Dusun Goyo.Alin Pangalipa, masyarakat penerima bantuan dan pengelola Taman Baca Alipa, merasa berbahagia atas bantuan yang diberikan PLN untuk peningkatan literasi masyarakat Desa Ollot 2, Dusun Goyo.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *