PLN dan China Development Bank (CDB) Teken MoU untuk Akselerasi Transisi Energi di Indonesia

Penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) oleh Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo (kiri) dan President of CDB Xiamen Branch, Zeng Liqing (kanan) di kantor pusat CDB, Beijing, China, pada Senin (16/10).

KLIK24.NEWS Beijing – PLN dan China Development Bank (CDB) Teken MoU, PT PLN (Persero) dan China Development Bank (CDB) telah menandatangani nota kesepahaman (Memorandum of Understanding/MoU) sebagai langkah akselerasi dalam transisi energi di Indonesia. CDB berkomitmen untuk memberikan dukungan pendanaan terhadap proyek transisi energi yang dilakukan oleh PLN.

BACA JUGA : Polres Kotamobagu Berhasil Ungkap Kasus Pencurian Tabung Gas dan Perampasan Handphone

MoU ini ditandatangani oleh Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo, Presiden CDB Cabang Xiamen, Zeng Liqing, dan Direktur Divisi Kerjasama Internasional CDB Cabang Xiamen, Ruan Xuefeng di kantor pusat CDB, Beijing, China pada Senin (16/10). Kesepahaman ini mencakup dukungan pendanaan untuk proyek korporasi dan proyek terkait transisi energi, serta peningkatan kapasitas pegawai PLN dalam pengembangan energi terbarukan.

Kiri ke kanan: EVP Keuangan PLN, Maya Rani Puspita, Direktur Perencanaan Korporat dan Pengembangan Bisnis PLN, Hartanto Wibowo, Direktur Keuangan PLN, Sinthya Roesly, Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo, President of CDB Xiamen Branch, Zeng Liqing, General Manager of International Cooperation Department II CDB, Li Yunzhi, Deputy General Manager of International Cooperation Department II CDB, Sun Bo, Director of Business Development Division II of International Cooperation Department II CDB, Dong Haoyu, dan Director of International Cooperation Division of CDB Xiamen Branch, Ruan Xuefeng.

Darmawan Prasodjo menyatakan bahwa penandatanganan ini mencerminkan hubungan bilateral strategis yang dijaga oleh Presiden Indonesia, Joko Widodo, dan Presiden China, Xi Jinping. PLN sebagai pelaksana transisi energi di Indonesia memiliki komitmen kuat dalam mendukung pengurangan gas rumah kaca sesuai dengan Nationally Determined Contribution (NDC) berdasarkan Paris Agreement.

“PLN sudah siap, dan CDB datang sebagai penguatan. China Development Bank hadir sebagai kekuatan baru, sebagai penguat baru, untuk memperkuat upaya transisi energi,” ujar Darmawan. Dalam beberapa tahun terakhir, CDB dan PLN telah sukses berkolaborasi dalam berbagai proyek. Dengan MoU ini, diharapkan kolaborasi antara keduanya dapat memberikan kontribusi signifikan dalam akselerasi transisi energi di Indonesia.

Dalam agenda tersebut, Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo (kiri) menyatakan, PLN terus mengakselerasi transisi energi dalam mendukung target pengurangan gas rumah kaca di Indonesia sebagai pelaksanaan Nationally Determined Contribution (NDC) berdasarkan Paris Agreement.

Darmawan menekankan bahwa tantangan terbesar dalam transisi energi adalah investasi. PLN bersedia untuk merinci rencana investasi yang komprehensif, termasuk proyek-proyek potensial di mana CDB dapat memberikan dukungan pembiayaan.

President of CDB Cabang Xiamen, Zeng Liqing, mengapresiasi terlaksananya MoU ini dan menyatakan dukungan CDB terhadap komitmen Indonesia dalam mempercepat transisi energi untuk mencapai target pengurangan emisi hingga tahun 2060.

Penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) oleh Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo (kiri) dan President of CDB Xiamen Branch, Zeng Liqing (kanan) di kantor pusat CDB, Beijing, China, pada Senin (16/10).

“Atas nama CDB, saya ingin menyampaikan terima kasih atas perhatian yang diberikan PLN kepada CDB untuk sebagian bisnis di Indonesia dan juga hubungan kerja sama jangka panjang,” kata Zeng Liqing.

BACA JUGA : Lombok Elektrik PLN Raih Juara Kedua di Kejuaraan Nasional Livoli Divisi Satu 2023

Zeng Liqing menegaskan bahwa CDB mendukung komitmen Indonesia dan berharap MoU ini dapat meningkatkan kerja sama ekonomi antara kedua negara. “Kami mendorong kemajuan energi di Indonesia, semoga MoU ini makin meningkatkan kerja sama CDB dan PLN,” ujarnya.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *