PLN Peringati Hari Listrik Nasional ke-78 dengan Komitmen Transisi Energi Masa Depan

KLIK24.NEWS Manado – PLN Peringati Hari Listrik Nasional ke-78 dengan upacara peringatan di Lapangan Upacara PT PLN Unit Induk Distribusi Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, dan Gorontalo. Acara yang dipimpin oleh General Manager, J.A. Ari Dartomo, dihadiri oleh seluruh pegawai PLN Group dan purnakarya.

Tema “Accelerating Renewable Energy, We’re The New Energy” dipilih untuk memperkuat konsep transformasi PLN dan komitmennya dalam menyediakan listrik di seluruh negeri serta berkontribusi pada pembangunan Indonesia yang tangguh.

BACA JUGA : Transformasi Layanan PLN Dalam Peringatan Hari Listrik Nasional ke-78

Dalam sambutannya, Ari Dartomo menyoroti tantangan perubahan iklim yang semakin nyata, dengan suhu bumi yang terus meningkat. PLN berkomitmen untuk mempercepat transisi energi dan mengurangi emisi, bukan hanya karena tuntutan global atau kebijakan, tetapi sebagai dedikasi terhadap generasi masa depan.

“Kita jalankan transisi energi bukan hanya karena aturan global, ataupun karena aturan kebijakan, namun karena kita komit pada generasi masa depan untuk menikmati hidup yang baik dari yang sekarang,” ungkap Dartomo.

Dalam menghadapi perkembangan teknologi dan kompetisi bisnis yang ketat, PLN menyiapkan diri dengan menciptakan sumber daya manusia yang berdaya saing global, mempromosikan penggunaan kendaraan listrik, mengoptimalkan penggunaan aset, dan mengembangkan produk layanan inovatif.

Dartomo juga menyoroti potensi Energi Baru Terbarukan (EBT) yang tersebar di daerah terpencil dan jauh dari pusat permintaan listrik. PLN berkomitmen untuk membangun jalur transmisi hijau sehingga potensi EBT dapat dimanfaatkan secara optimal dan didistribusikan ke pusat-pusat ekonomi dan industri.

“Sisi lain kita punya potensi EBT yang tersebar dan jauh dari pusat demand, maka kita bangun jalur transmisi hijau agar semua potensi EBT dapat dimanfaatkan dan disalurkan ke pusat-pusat ekonomi dan industri. Kita hadapi tantangan intermitensi dimana banyak sumber EBT sangat tergantung cuaca, untuk itu kita bangun smart grid,” tambah Dartomo.

Selama upacara, Dartomo memberikan apresiasi untuk pencapaian PLN Suluttenggo dan mendorong seluruh pegawai PLN untuk terus bekerja dalam memenuhi demand industri baru di lokasi tanpa infrastruktur kelistrikan. PLN berkomitmen menyediakan listrik yang adil dan merata untuk daerah terisolir, termasuk yang masuk dalam kategori 3T (terdepan, terluar, dan tertinggal).

BACA JUGA : Hari Listrik Nasional ke-78: Transformasi Layanan PLN Membawa Geliat Positif

“Kita bangun sistem pemetaan berbasis teknologi yang mampu melihat setiap daerah yang sudah dan belum berlistrik, kita petakan secara digital yang terintegrasi dengan proyeksi masa depan. Bagaimana demandnya, kondisi geografisnya, dan berapa kebutuhan listriknya,” tutup Dartomo.

Selain itu, dalam rangka peringatan HLN ke-78, PLN memberikan penghargaan kepada pegawai yang setia dan purnakarya yang telah berjasa dalam menerangi negeri. PLN juga menggelar lomba SPEED (Kompetisi Penertiban Pemakaian Pelanggan Subsidi) sebagai upaya untuk meningkatkan efisiensi dan penertiban penggunaan listrik subsidi.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *