Kabupaten Boltim Raih Peringkat Empat dalam Capaian Aksi HAM Se-Sulut

KLIK24.NEWS Boltim – Bolaang Mongondow Timur (Boltim) meraih prestasi dengan menempati peringkat keempat dalam capaian Aksi Hak Asasi Manusia (HAM) di Sulawesi Utara.

Evaluasi dan penilaian dilakukan oleh Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kum-HAM) pada periode B.08 Tahun 2023.

Kabag Hukum Setda Boltim, Suhandry Towidjoyo, SH, mengungkapkan, “Boltim berada di peringkat 4 dari 15 Kabupaten dan Kota se-Sulut dengan nilai 94,29.

” Evaluasi ini merupakan hasil peringkat penilaian yang diumumkan oleh Kantor Wilayah Sulawesi Utara melalui surat pemberitahuan kepada Pemprov Sulut.

BACA JUGA : Bupati Boltim Buka Moaat Horti Culture Festival (MHF) 2023

Proses evaluasi melibatkan laporan Aksi HAM dari Pemda yang dikirim melalui aplikasi SAPA HAM pada periode 28 September-5 Oktober 2023.

Dokumen laporan kemudian dievaluasi oleh panitia Rencana Aksi Nasional Hak Asasi Manusia (RANHAM).

Towidjoyo menambahkan bahwa pelaporan untuk periode berikutnya akan dilakukan mulai tanggal 28 November-5 Desember 2023, dengan harapan capaian

penilaian Boltim dapat lebih meningkat dibanding periode sebelumnya.

BACA JUGA : Dampingi Kunjungan Presiden di IKN, Dirut PLN Siap Penuhi Kebutuhan Listrik Dari Energi Bersih

Bupati Bolaang Mongondow Timur, DR. (c) Sam Sachrul Mamonto, S.Sos, M.Si, mendapatkan apresiasi atas perhatian dan dorongannya terhadap Rencana Aksi HAM Daerah.

Towidjoyo juga mengakui respon cepat dan proaktif dari semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait dalam menyajikan dokumen laporan.

“Terima kasih kepada Bapak Bupati yang telah menaruh perhatian penuh dan terus mendorong Rencana Aksi HAM Daerah, dan juga kepada perangkat daerah yang telah proaktif

menyajikan dokumen yang diperlukan sehingga capaian Boltim bisa meningkat,” ucapnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *