PLN dan Otorita IKN Nusantara Teken MoU untuk Pengembangan Green National Capacity City

Penandatanganan MoU antara Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo (kanan) dengan Kepala Otorita Ibu Kota Negara, Bambang Susantono (kiri) terkait pengembangan Green National Capacity City Ibu Kota Negara Nusantara Selasa, (2/11).

KLIK24.NEWS Nusantara – PT PLN (Persero) dan Otorita Ibu Kota Negara (OIKN) Nusantara resmi menjalin kerjasama melalui penandatanganan nota kesepahaman (Memorandum of Understanding/MoU) terkait pengembangan Green National Capacity City. Kerjasama ini diumumkan dalam acara groundbreaking Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) 50 MW oleh Presiden Joko Widodo pada 2 November.

BACA JUGA : PLN Terapkan Solusi Cerdas Hadapi Dampak Kemarau Panjang di Sulawesi

Dalam MoU tersebut, PLN dan OIKN Nusantara berkomitmen untuk membangun ekosistem ketenagalistrikan terintegrasi berbasis green, smart, dan beautiful untuk IKN Nusantara. Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo, menyatakan bahwa PLN mendukung visi IKN Nusantara menjadi kota hijau, futuristik, dan berkelanjutan dengan teknologi canggih.

Petugas PLN siap untuk mengamankan pasokan listrik di IKN Nusantara selama masa pembangunan.

PLN merancang sistem kelistrikan IKN Nusantara dengan fokus pada energi baru dan terbarukan (EBT). Upaya ini diwujudkan melalui pembangunan PLTS 50 MW yang baru saja di-groundbreaking. Darmawan menjelaskan bahwa PLN juga akan memanfaatkan potensi hidro di sekitar IKN untuk menghasilkan listrik sebesar 1.000 MW, sehingga sistem kelistrikan IKN Nusantara dapat beroperasi 100 persen dengan EBT.

Selain itu, PLN akan membangun Integrated Renewable Energy Zone sebagai pusat penelitian dan pengembangan EBT. Infrastruktur pengisian daya kendaraan listrik juga akan disediakan, mendukung penggunaan kendaraan listrik sebagai sarana transportasi utama di IKN Nusantara.

Dalam implementasi konsep smart, PLN akan membangun jaringan listrik dengan teknologi modern, transmisi, dan distribusi pintar berbasis artificial intelligence (AI). Instalasi listrik akan ditempatkan di bawah tanah sesuai konsep beautiful untuk menjaga estetika kawasan.

PLN telah menyediakan infrastruktur pengisian daya kendaraan listrik (SPKLU) di IKN Nusantara untuk penggunaan kendaraan listrik sebagai sarana transportasi utama di Ibu Kota baru.

Untuk menjaga keberlanjutan operasional, PLN Hub akan dibangun di IKN Nusantara sebagai kawasan perkantoran PLN Group yang dilengkapi dengan fasilitas pendukung lainnya. Dukungan juga diberikan dalam pengembangan kapasitas dan knowledge sharing melalui penugasan dan pertukaran Sumber Daya Manusia antara PLN dan OIKN.

BACA JUGA : Penjabat Wali Kota Kotamobagu Tinjau Pasar Genggulang dan Pasar Poyowa Kecil

Darmawan menegaskan bahwa pembangunan IKN Nusantara sebagai kota hijau merupakan komitmen PLN dalam mendukung program pemerintah mencapai Net Zero Emissions (NZE) pada 2060. Presiden Joko Widodo sendiri telah menandai keseriusan Pemerintah dengan meletakkan batu pertama pembangunan PLTS 50 MW, menunjukkan peran PLN dalam menyediakan sistem kelistrikan andal dan ramah lingkungan untuk IKN Nusantara.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *