PLN Siaga Hadapi Nataru: Kesiapan Total untuk Kelistrikan Aman

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo saat menyampaikan arahan kepada seluruh petugas saat Apel Siaga Kelistrikan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 di Kantor Pusat PLN, Jakarta, Rabu (20/12).

KLIK24.NEWS Jakarta – PT PLN (Persero) menggelar Apel Siaga Kelistrikan Natal 2023 dan Tahun Baru (Nataru) 2024 secara nasional pada Rabu (20/12). Apel ini bertujuan untuk memastikan kesiapan pasokan listrik dan petugas dalam menjaga keandalan listrik selama perayaan Nataru 2024 di seluruh Indonesia.

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo menegaskan komitmen PLN dalam memastikan kelistrikan yang handal selama perayaan Nataru. Dalam apel siaga, Darmawan menyatakan keinginan PLN untuk mencapai “zero mistake, zero tolerance, zero blackout,” dan mengatasi setiap tantangan satu per satu.

Tantangan utama yang dihadapi adalah potensi cuaca ekstrem akibat dampak El Nino, seperti kekeringan panjang diikuti hujan tinggi, petir, angin kencang, dan banjir. PLN telah mempersiapkan pembangkit, jaringan transmisi, distribusi, control center, dan operasi layanan pelanggan untuk mengatasi potensi risiko.

BACA JUGA : Pemerintah Kota Kotamobagu Raih Anugerah Parahita Ekapraya Kategori Pratama Tahun 2023

PLN memprediksi kebutuhan listrik masyarakat selama Nataru 2024 sebesar 43 Gigawatt (GW), sementara daya mampu pasok PLN lebih dari 50 GW, menjadikan statusnya sangat aman. Penggunaan digital control system memungkinkan pengaturan otomatis saat gangguan terjadi, menjadikan sistem kelistrikan PLN lebih kokoh.

Darmawan juga menyoroti upaya preventif dalam memastikan ketersediaan energi primer di pembangkit listrik. Sistem digital rantai pasok energi primer terintegrasi dengan Kementerian ESDM, memantau dari tambang hingga pembangkit, memungkinkan corrective action yang cepat.

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo menyalami dan memberikan semangat kepada petugas yang akan melakukan siaga kelistrikan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

Selama Nataru 2024, PLN menyiagakan lebih dari 18 ribu pegawai dan 63 ribu personel lapangan yang siaga 24 jam di 1.853 posko siaga PLN di seluruh Indonesia. Peralatan dan armada pendukung, termasuk genset, UPS, Gardu Bergerak, mobil crane, dan motor, juga disiapkan.

BACA JUGA : PLN Tetapkan Status Siaga untuk Menyambut Natal dan Tahun Baru

Petugas PLN juga akan berada di lokasi perayaan Natal, tempat wisata, bandara, pelabuhan, dan terminal bus. Telekonferensi dengan personel siaga di seluruh Indonesia juga dilakukan untuk memastikan kesiapan total.

PLN juga memberikan kenyamanan pada pengguna kendaraan listrik dengan menyiagakan petugas di 624 unit Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di seluruh Indonesia. Lokasi SPKLU dapat diakses melalui aplikasi PLN Mobile.

Darmawan menekankan komitmen PLN untuk memastikan masyarakat dapat merayakan Nataru dengan nyaman dan aman, serta mengapresiasi peran petugas PLN yang siap menghadapi tantangan dalam menjaga keandalan kelistrikan.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *