PLN Himbau Masyarakat Tetap Siaga Menghadapi Cuaca Ekstrim Jelang Idul Fitri

Manajemen PLN UID Suluttenggo saat memastikan langsung pelayanan cepat petugas Call Center APKT Manado dari Posko Siaga UP3 Manado

KLIK24.NEWS Manado – PLN Himbau Masyarakat, Menjelang perayaan Idul Fitri 1445 Hijriah, kondisi cuaca yang tidak dapat diprediksi, dengan hujan deras dan angin kencang, menjadi perhatian utama PLN Unit Induk Distribusi Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, dan Gorontalo (UID Suluttenggo). Dalam menghadapi situasi ini, PLN mengimbau seluruh masyarakat untuk tetap waspada dan menjaga instalasi listrik di rumah masing-masing.

BACA JUGA : Kotamobagu Ramadhan Fest 2024: Sebuah Langkah Menuju Kota Jasa yang Berkembang

Berdasarkan laman resmi Badan Meteorologi, Klimatologi, Dan Geofisika (BMKG) pada Minggu (07/04), cuaca ekstrim diperkirakan akan berlangsung hingga satu minggu ke depan, meningkatkan risiko gangguan listrik. General Manager PLN UID Suluttenggo, Ari Dartomo, menyatakan bahwa pihaknya telah melakukan pemantauan ketat terhadap berbagai risiko gangguan listrik yang mungkin terjadi, terutama menjelang momen Idul Fitri.

Cuaca ekstrim dengan intensitas hujan tinggi disertai angin kencang mengakibatkan longsor pada beberapa lokasi layanan PLN UID Suluttenggo

“Dalam mengantisipasi cuaca yang tidak kondusif ini, kami menyiagakan personil di titik-titik prioritas untuk memastikan keandalan listrik jelang lebaran,” ujar Dartomo. PLN UID Suluttenggo telah menyiagakan total 2192 personil bersama 38 personil Pekerjaan Dalam Keadaan Bertegangan (PDKB) untuk menghadapi berbagai risiko gangguan listrik.

Selain itu, Dartomo juga mengajak masyarakat untuk berkolaborasi dengan PLN dalam melaporkan potensi bahaya listrik yang mungkin terjadi, seperti instalasi listrik yang dekat dengan pohon atau terendam banjir. “Keselamatan masyarakat menjadi prioritas kami. Kami ingin memastikan pelanggan dapat menikmati listrik dengan aman dan nyaman tanpa risiko bahaya listrik,” tambahnya.

Petugas PLN sigap menormalkan jaringan listrik yang terganggu dampak cuaca ekstrim

PLN juga memberikan beberapa tips aman bagi masyarakat untuk menghindari potensi bahaya listrik, seperti mematikan Meter Circuit Breaker (MCB) pada kWh meter saat terjadi banjir dan mencabut seluruh peralatan listrik yang masih tersambung pada stop kontak.

BACA JUGA : PLN Pastikan Kesiapan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) Menyambut Mudik Lebaran

“Jika terjadi banjir dan aliran listrik masih menyala, segera laporkan pada aplikasi PLN Mobile agar petugas PLN dapat segera menghentikan sementara aliran listrik di lokasi banjir,” saran Dartomo. Dartomo menegaskan bahwa petugas PLN siaga 24 jam untuk memastikan masyarakat dapat merayakan momen Idul Fitri dengan aman dan nyaman bersama keluarga dan kerabat. “Masyarakat dapat mengunduh aplikasi PLN Mobile secara gratis untuk melaporkan gangguan listrik atau mendapatkan bantuan dalam situasi darurat,” pungkasnya.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *