PLN Pastikan Kesiapan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) Menyambut Mudik Lebaran

Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo (ketiga dari kiri) didampingi Direktur Transmisi dan Perencanaan Sistem PLN, Evy Haryadi (kedua dari kanan) dan Direktur Keuangan PLN, Sinthya Roesly (kanan) mendengarkan paparan kesiapan infrastruktur SPKLU secara nasional dari Executive Vice President Penjualan dan Pelayanan Pelanggan Retail PLN, Tony Bellamy (kiri).

KLIK24.NEWS Tangerang – PLN Pastikan Kesiapan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum, Direktur Utama PT PLN (Persero), Darmawan Prasodjo, memastikan kesiapan layanan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) yang telah beroperasi penuh di seluruh wilayah Indonesia. Melalui inspeksi langsung di beberapa lokasi jalur mudik Lebaran 2024, PLN menegaskan ketersediaan dan keandalan SPKLU untuk melayani kebutuhan pemudik.

“PLN sangat siap mendukung peralihan pemudik dari kendaraan berbasis energi fosil ke energi listrik. SPKLU sudah tersedia di semua rest area di jalur-jalur mudik tol Trans Sumatra-Jawa,” ungkap Darmawan Prasodjo di rest area tol Jakarta – Merak km 13,5 Tangerang, Banten.

BACA JUGA : PLN Suluttenggo Siaga Penuh Hadapi Momen Idul Fitri: Keandalan Listrik Terjamin

PLN Pastikan Kesiapan Penambahan SPKLU menjadi fokus utama PLN dalam menyambut mudik tahun ini. Darmawan menjelaskan bahwa sebanyak 175 unit SPKLU baru telah ditambahkan di berbagai titik jalur mudik Jawa dan Sumatra, sehingga secara nasional, terdapat 1.299 unit SPKLU di 879 lokasi.

Ilustrasi penggunaan fitur Electric Vehicle pada aplikasi PLN Mobile di salah satu Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU).

“Lokasi sebaran SPKLU dipetakan dengan cermat, memastikan jarak rata-rata antar SPKLU sekitar 23 km, yang aman untuk pemudik menggunakan kendaraan listrik,” tambahnya. Selain fokus pada kendaraan listrik roda empat, PLN juga menyiapkan 1.839 unit Stasiun Penukaran Baterai Kendaraan Listrik Umum (SPBKLU) dan 9.771 unit Stasiun Pengisian Listrik Umum (SPLU) bagi kendaraan listrik roda dua.

Darmawan menyoroti peningkatan signifikan dalam penggunaan SPKLU oleh masyarakat menjelang Lebaran. “Hingga H-3 Idul Fitri 1445 H, jumlah transaksi di SPKLU melonjak hingga lima kali lipat dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya, serta konsumsi daya meningkat 5,2 kali lipat,” jelasnya.

Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo (kiri) didampingi General Manager PLN Unit Induk Distribusi Jawa Timur, Agus Kuswardoyo (kanan) melakukan peninjauan SPKLU pada rest area km 626B Saradan, Kabupaten Madiun, Jawa Timur.

PLN terus berinovasi dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Salah satu inovasi adalah fitur Trip Planner pada Aplikasi PLN Mobile, yang memungkinkan pemudik mengatur perjalanan dan mendapatkan rekomendasi titik-titik SPKLU yang dilalui.

BACA JUGA : Peresmian Kembali Gedung Eks Rumah Dinas Bupati Bolaang Mongondow: Sebuah Langkah Menuju Kebangkitan

“Masyarakat tidak perlu ragu lagi untuk mudik menggunakan kendaraan listrik. PLN telah menyiapkan manajemen perjalanan mobil listrik dengan fitur Trip Planner di aplikasi PLN Mobile,” tegas Darmawan. Melalui berbagai inovasi dan peningkatan layanan, PLN berkomitmen untuk mendukung kenyamanan dan keamanan pemudik yang menggunakan kendaraan listrik, menjadikan SPKLU sebagai pilihan yang handal dalam perjalanan mudik.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *