PLN Memperluas Jaringan SPKLU untuk Mendukung Angkutan Umum Listrik di Kota Bogor

KLIK24.NEWS Bogor – PT PLN (Persero) terus aktif dalam memajukan ekosistem kendaraan listrik di Indonesia. Setelah sejumlah Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) dibangun untuk mobil listrik pribadi, PLN kini bekerja sama dengan Pemerintah Kota Bogor untuk mengoperasikan SPKLU khusus bagi Angkutan Umum Perkotaan Berbasis Listrik (ALIBO) di Kota Bogor.

Langkah ini mendukung upaya Pemerintah Kota Bogor dalam menggelar uji coba terhadap 5 unit ALIBO mulai tanggal 4 April hingga 3 Juli 2024.

Wali Kota Bogor, Bima Arya, menyatakan bahwa kehadiran ALIBO menandai transformasi angkutan umum di Kota Bogor. Pemerintah Kota Bogor bekerja sama dengan PLN untuk menyediakan SPKLU khusus sebagai tempat pengisian pertama bagi ALIBO, yang merupakan angkutan umum berbasis listrik pertama yang beroperasi di Indonesia.

“Dalam era baru bagi Kota Bogor ini, kami berkomitmen untuk mengatasi polusi udara dengan menggantikan angkot konvensional dengan angkot listrik. Kami berharap ini menjadi langkah nyata menuju Kota Bogor yang lebih hijau,” ujar Bima.

BACA JUGA : Pj. Wali Kota Kotamobagu Membahas Capaian Pembangunan dalam Rapat Evaluasi

Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo, menyatakan bahwa PLN tidak hanya fokus pada kendaraan listrik pribadi, tetapi juga mendukung angkutan umum berbasis listrik dengan menyediakan infrastruktur yang diperlukan.

“Dengan menambah SPKLU di Kota Bogor khusus untuk ALIBO, kami berkontribusi dalam upaya mengurangi emisi karbon dari kendaraan bermotor, sejalan dengan komitmen PLN untuk mendukung ketahanan energi nasional,” kata Darmawan.

General Manager PLN Unit Induk Distribusi Jawa Barat, Susiana Mutia, menyambut baik uji coba ALIBO di Kota Bogor.

“Kami mengajak semua pihak untuk berkolaborasi dalam mendukung perkembangan ekosistem kendaraan berbasis listrik di Indonesia. Ini adalah langkah awal untuk menurunkan emisi gas rumah kaca,” ujarnya.

BACA JUGA : Perayaan Hari Raya Ketupat di Kelurahan Upai, Kotamobagu, Diramaikan oleh Pj. Wali Kota dan Para Tokoh Masyarakat

Penambahan SPKLU khusus untuk ALIBO diharapkan dapat mendukung penggunaan angkutan umum berbasis listrik di Kota Bogor.

“Kami menyediakan SPKLU ini khusus untuk ALIBO guna mendukung mobilitas berkelanjutan di Kota Bogor,” tambah Susiana.

Uji coba ALIBO yang melintasi 30 titik rute pemberhentian dari Cidangiang diharapkan menjadi awal dari penerapan energi ramah lingkungan yang lebih luas.

“ALIBO adalah langkah awal dalam mewujudkan mobilitas hijau di Kota Bogor, dan kami berharap dapat menjadi contoh bagi daerah lain di Indonesia,” pungkas Susiana.***

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *