BPBD Kota Kotamobagu Tingkatkan Kesadaran Bencana Melalui Sosialisasi dan Simulasi di Sekolah

KLIK24.NEWS Kotamobagu, – BPBD Kota Kotamobagu aktif melaksanakan sosialisasi dan simulasi penanggulangan bencana di sejumlah sekolah pada Rabu, 22 November 2023.

BACA JUGA : Pemerintah Kota Kotamobagu Sabet 5 Penghargaan Pendidikan di Anugerah Mapalus Provinsi Sulawesi Utara

Plt Kepala BPBD Kota Kotamobagu, Hj. Asriyanti, S.T., M.M., menyatakan tujuan kegiatan ini sebagai bentuk penguatan kapasitas di tingkat sekolah untuk meningkatkan optimalisasi penanggulangan bencana di Kota Kotamobagu.

“Kami melaksanakan Sosialisasi dan Simulasi bencana di sekolah, di antaranya di SDN 1 Kotamobagu dan SDN 1 Mogolaing. Ini merupakan langkah konkret dalam upaya meningkatkan pemahaman dan kesiapsiagaan sekolah dalam menghadapi potensi bencana,” ujar Asriyanti.

Kegiatan tersebut mengusung tema “Tangguh Bencana Sejak Dini” dan bertujuan memberikan pemahaman kepada siswa mengenai berbagai jenis bencana, serta melibatkan mereka dalam simulasi evakuasi mandiri.

“Aspek penting dari sosialisasi ini adalah memberikan pemahaman kepada siswa tentang jenis bencana dan melatih mereka untuk melakukan evakuasi mandiri. Dengan begitu, diharapkan siswa dapat bertindak secara cepat dan efektif saat terjadi bencana, sehingga dapat meminimalisir dampak yang ditimbulkan,” tambah Asriyanti.

BACA JUGA : Ketua TP PKK Kota Kotamobagu, Hj. Siti Fatmah Fitriana Nani Buhang, Dikukuhkan sebagai Bunda Literasi Kota Kotamobagu

Sosialisasi dan simulasi ini diharapkan dapat menjadi langkah konkret dalam menciptakan kesadaran bencana sejak dini di kalangan siswa, sehingga mereka menjadi agen perubahan dalam menjaga keamanan dan kesiapsiagaan masyarakat dalam menghadapi bencana.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *